UMM Institutional Repository

ANALISIS KREATIVITAS GURU DALAM PEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA KELAS AWAL DI MI HIDAYATULLOH PRINGU KECAMATAN BULULAWANG KABUPATEN MALANG

AFHAMI, ISMI DAMEI (2016) ANALISIS KREATIVITAS GURU DALAM PEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA KELAS AWAL DI MI HIDAYATULLOH PRINGU KECAMATAN BULULAWANG KABUPATEN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ismidameia-44223-1-pendahul-n.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ismidameia-44223-2-babi.pdf

Download (416kB) | Preview

Abstract

Keyword : Kreatifitas Guru, Pemanfaatan Lingkungan, Sumber Belajar Teacher’s Creativity, Environment Utilization, Learning Source Kreatifitas guru yang kurang dalam pemanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar membuat kebanyakan guru hanya menggunakan sumber belajar cetak yang ada, oleh karena itu kreatifitas guru penting untuk dikembangkangkan lagi dengan hasil analisis kreatifitas guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proses kreatifitas guru dalam pemanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar bagi siswa kelas awal, (2) kendala yang dialami guru dalam pemanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar bagi siswa kelas awal, dan (3) upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kendala yang dialami dalam pemanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar siswa kelas awal. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan peneliti dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti memilih guru dan siswa kelas awal sebagai data sumber. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari – Maret 2016. Pada tahap pertama penelitian dilakukan dengan mengobservasi sekolah dan menentukan narasumber. Hasil penelitian menunjukkan (1) Bentuk kreativitas guru dalam pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar siswa kelas awal yang dilakukan adalah dengan memilih sumber belajar yang tepat, dapat mengaitkan materi dengan kehidupan nyata (kontekstual), menciptakan pengalaman baru bagi siswa kelas awal. (2) Kendala guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar antara lain sulitnya mengkondisikan peserta didik, keadaan alam yang tidak menentu dan kehidupan sosial di sekitar sekolah yang sewaktu-waktu dapat berubah menjadi tidak sesuai dengan yang direncanakan oleh guru sehingga terjadi permasalahan dalam pengelolaan waktu. (3) Upaya yang dilakukan guru terhadap kendala dalam pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar yaitu dengan perlahan memahami karakter masing-masing siswa yang agar bisa secara tepat memilih metode yang cocok serta mempersiapkan secara matang materi dan bahan lain yang akan diberikan kepada siswa dengan membuat rencana pembelajaran cadangan agar bisa meminimalisir kendala-kendala tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 24 Oct 2016 07:55
Last Modified: 24 Oct 2016 07:55
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33947

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo