UMM Institutional Repository

ANALISIS PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DOLAN DAN SDN DADAPREJO 02 DI MALANG RAYA

SOFIPA, AGNES NINDA (2016) ANALISIS PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DOLAN DAN SDN DADAPREJO 02 DI MALANG RAYA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-agnesninda-44225-1-pendahul-n.pdf

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-agnesninda-44225-2-babi.pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

Keyword : Masalah, Pemecahan Masalah, Strategi Polya, Sekolah Dolan, SDN Dadaprejo 02., Problem, Problem-Solving, Polva Strategy, Sekolah Dolan, SDN Dadaprejo 02. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh observasi yang dilakukan peneliti yang menemukan masalah bahwa kemampuan siswa untuk memecahkan masalah matematika berbeda-beda dan mengalami kesulitan untuk memecahkan soal cerita. Jalur Pendidikan berbeda antara Sekolah Dolan (Sekolah Informal) dengan SDN Dadaprejo 02 (Sekolah Formal). Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan informasi dari siswa dan guru kelas tentang strategi pemecahan masalah matematika yang dilakukan siswa kelas V di Sekolah Dolan dan di SDN Dadaprejo 02 dengan menganalisis lembar jawaban menurut strategi Polya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, pendekatan deskriptif. Instrument penelitian adalah soal tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data yaitu siswa dan guru kelas V. Penggumpulan data adalah hasil tes siswa materi pecahan, wawancara, observasi serta dokumentasi. Validitas data yang digunakan yaitu menggunakan triangulasi waktu dan member check. Kegiatan analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V di Sekolah Dolan dan di SDN Dadaprejo 02 menggunakan pemecahan masalah strategi Polya yang terdiri dari empat langkah yakni memahami masalah, merencanakkan, melaksanakan pemecahan dan melihat kembali. Siswa berkemampuan tinggi di Sekolah Dolan dan SDN Dadaprejo memahami masalah dengan membaca berulang soal, bedanya di SDN Dadaprejo menuliskan keterangan diketahui dan ditanya pada lembar jawaban, hal tersebut tidak dilakukan siswa di Sekolah Dolan. Siswa berkemampuan sedang melakukan kesalahan pada tahap melaksanakan pemecahan, dikarenakan kurang teliti pada operasi hitung. Siswa berkemampuan rendah melakukan kesalahan pada tahap memahami soal yang berakibat pada rencana dan melaksanakan pemecahan tidak sesuai dengan masalah, hal ini dikarenakan siswa kurang memahami materi pecahan dengan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 24 Oct 2016 07:49
Last Modified: 24 Oct 2016 07:49
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33945

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo