UMM Institutional Repository

ANALISIS PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DI SD NEGERI MOJOLANGU 3 MALANG

WULANDARI, DESY (2016) ANALISIS PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DI SD NEGERI MOJOLANGU 3 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-desywuland-44226-1-pendahul-n.pdf

Download (858kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-desywuland-44226-2-babi.pdf

Download (434kB) | Preview

Abstract

Keyword : Pengelolaan, perpustakaan sekolah, Magement, school library Penelitian ini diadakan dengan latar belakang masih banyak sekolah yang memulai membina pengelolaan perpustakaan sekolah, salah satunya yaitu SDN Mojolangu 3 Malang. Berdasarkan observasi yang dilakukan perpustakaan SDN Mojolangu 3 Malang masih dalam tahap membangun pengelolaan yang baik. Mulai dari penataan ruangan, kondisi dan situasi perpustakaan, layanan terhadap siswa, penataan koleksi buku dan perlengkapan perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sistem layanan terhadap siswa yang ada di perpustakaan sekolah, ketersediaan buku dan perlengkapan perpustakaan sekolah dalam menunjang proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Informan penelitian ini adalah pustakawan, kepala sekolah, dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1). Sistem layanan terhadap siswa yang ada di perpustakaan sekolah SDN Mojolangu 3 Malang dikhususkan pada hari sabtu, menggunakan satu jenis layanan yaitu layanan langsung yaitu layanan peminjaman bahan atau koleksi perpustakaan, dan layanan referensi. Sedangkan untuk sistem layanan terhadap siswa kadang pelayanannya baik karena pustakawan sudah mengolah bahan pustaka yang meliputi pencatatan, klasifikasi, katalogisasi, perlabelan, penjajaran, pelestarian dan pengawetan. Kadang pelayanannya tidak baik karena petugas masih simpang siur dikarenakan tenaga perpustakaan yang berasal dari guru serta kurangnya aspek-aspek professional dan kepribadian dan perilaku terpuji pendukung terwujudnya layanan prima di perpustakaan yang Nampak pada petugas perpustakaan SDN Mojolangu 3 Malang. 2). Ketersediaan buku dalam menunjang proses pembelajaran di SDN Mojolangu 3 Malang sudah cukup untuk menunjang proses pembelajaran, jumlah buku referensi ada 1.975, jumlah buku pelajaran ada 4.250 sedangkan jumlah buku tematik (buku K13) ada 2.121. Pelaksanaan pengelolaan perpustakaan sekolah di SDN Mojolangu 3 Malang belum berjalan secara optimal. Dari segi perlengkapan seperti sarana dan prasarana yang dimiliki oleh perpustakaan sekolah di SDN Mojolangu 3 Malang dalam pengelolaan masih memiliki banyak kekurangan serta kurang menunjang proses pembelajaran, dikarenakan fasilitas gedung yang belum memenuhi syarat ideal, peralatan dan perlengkapan yang belum lengkap, serta belum adanya tata tertib perpustakaan yang jelas sehingga membuat siswa kurang terdorong untuk membaca diperpustakaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 24 Oct 2016 07:46
Last Modified: 24 Oct 2016 07:46
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33944

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo