UMM Institutional Repository

HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 4, 5, DAN 6 SDN DILEM 02 KEPANJEN MALANG

WICAKSONO, PANGGAH (2016) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 4, 5, DAN 6 SDN DILEM 02 KEPANJEN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-panggahwic-44227-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-panggahwic-44227-2-babi.pdf

Download (337kB) | Preview

Abstract

Keyword : Pola Asuh Orang Tua, Hasil Belajar, Parents Parenting, Learning Outcomes Pola asuh yang baik dan sikap yang positif lingkungan serta penerimaan masyarakat terhadap keberadaan anak akan menumbuhkan konsep diri positif bagi anak dalam menilai diri sendiri berdasarkan apa yang dialami dan mendapat dari lingkungan keluarga. Pola asuh orang tua mempunyai hubungan penting dalam menentukan hasil belajar anak. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana hubungan pola asuh orang tua dan hasil belajar siswa kelas atas di SDN Dilem 02 Kepanjen Kab Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan hubungan pola asuh orang tua dan hasil belajar siswa kelas atas di SDN Dilem 02 Kepanjen Kab Malang. Jenis penelitian kuantitaif. Tempat penelitian ini di SDN Dilem 02 Kepanjen Kab Malang. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 85 siswa. Jumlah sampel diambil berdasarkan tingkat kesalahan 5% yaitu 65 siswa. Variabel dari penelitian ini adalah variabel bebas X1: Pola asuh Demokratis, X2 : Pola asuh Otoriter, X3 : Pola asuh Permisif, dan varibel terikat (Y) adalah hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengujian menggunakan uji asumsi dan regresi liner berganda. Uji hipotesis diolah dengan bantuan program SPSS 20.0. Hasil penelitian menyimpulkan X1 dengan Y menunjukan t hitung > t tabel yaitu 2,953 > 1,999 atau nilai sig t (0,004) <α = 0.05, sedangkan X2 t hitung > t tabel yaitu 2,274 > 1,999 atau nilai sig t (0,026) <α = 0.05 , sedangkan X3 t hitung < t tabel yaitu 1,902 < 1,999 tau sig t (0,062) >α = 0.05. hasil keseluruhan dapat disimpulkan variabel bebas X1, X2, X3 mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat Y, diketahui bahwa ketiga variabel bebas yang paling dominan pengaruhnya terhadap hasil belajar adalah pola asuh demokratis (X1) karena memiliki nilai koefisien beta dan t hitung paling besar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 24 Oct 2016 07:43
Last Modified: 24 Oct 2016 07:43
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33943

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo