UMM Institutional Repository

ANALISIS PERENCANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KELAS II SDN MOJOLANGU 5 MALANG

ARDILLAH, (2016) ANALISIS PERENCANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KELAS II SDN MOJOLANGU 5 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ardillah-44228-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ardillah-44228-2-babi.pdf

Download (389kB) | Preview

Abstract

Keyword : Perencanaan Pembelajaran Tematik, Kurikulum 2013, RPP, Thematic Lesson Planning, Curriculum 2013, RPP Guru memegang peranan penting dalam keberhasilan penerapan kurikulum. Guru adalah penentu keberhasilan proses dan hasil belajar. Dibutuhkan perencanaan pembelajaran yang matang untuk dapat mencapai keberhasilan sesuai dengan tujuan pembelajaran, sehingga guru dalam kegiatan pembelajaran harus diawali dengan membuat perencanaan pembelajaran yang berbentuk rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP). Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui dan mendeskripsikan perencanaan pembelajaran tematik terpadu kelas II SDN Mojolangu 5 Malang, (2) mendeskripsikan kendala dalam perencanaan pembelajaran tematik terpadu kelas II SDN Mojolangu 5 Malang dan (3) mendeskripsikan solusi terhadap kendala yang muncul dalam perencanaan pembelajaran tematik terpadu kelas II SDN Mojolangu 5 Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah dokumen perencanaan pembelajaran guru kelas II. Sumber data yaitu guru kelas II dan kepala sekolah SDN Mojolangu 5 Malang. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kegiatan analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) guru kelas II SDN Mojolangu 5 Malang tidak melakukan perencanaan pembelajaran tematik terpadu karena RPP yang dibuat guru adalah hasil rujukan dari Diknas dan tidak ada pengembangan. Guru hanya mengubah metode, media, dan materi namun di langkah kegiatan tidak ada perubahan atau pengembangan. (2) kendala yang muncul dalam menyusun perencanaan pembelajaran tematik berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas II dan kepala sekolah yaitu dalam hal waktu, analisis buku teks, dan penilaian. (3) solusi terhadap kendala yang muncul dalam perencanaan pembelajaran tematik yaitu dimulai dari guru dalam memprioritaskan tugas yang lebih penting dan harus pintar dalam membagi waktu, selanjutnya guru dapat melakukan diskusi dan tukar pendapat dengan guru yang lain maupun dalam KKG, serta guru harus meningkatkan kemampuan dalam menyusun perencanaan pembelajaran dengan mengikuti pelatihan maupun terus mencari berita atau infromasi terbaru tentang kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 24 Oct 2016 07:39
Last Modified: 24 Oct 2016 07:39
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33942

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo