UMM Institutional Repository

ANALISIS PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER MATA PELAJARAN IPS SUMBER DAYA ALAM KELAS IV SD NEGERI JUNREJO 1 BATU

ANJAYANINGRUM, YOGI PUTRI (2016) ANALISIS PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER MATA PELAJARAN IPS SUMBER DAYA ALAM KELAS IV SD NEGERI JUNREJO 1 BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yogiputria-44231-1-pendahul-n.pdf

Download (777kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yogiputria-44231-2-babi.pdf

Download (204kB) | Preview

Abstract

Keyword : Analisis, Pendidikan Karakter, Mata Pelajaran IPS, Analysis, Character Education, Social Studies Pendidikan karakter merupakan sebuah upaya yang dilakukan dengan pembiasaan perilaku sejak dini. Pendidikan karakter dijenjang pendidikan dasaradalah pondasi utama bagi tumbuh kembang generasi muda. Ada delapan belas nilai karakter yang harus diterapkan pada tingkat Sekolah Dasar, hal ini bertujuan untuk menjadi bekal awal untuk masa depan peserta didik. Oleh karena itu peneliti, penelitian ini memiliki tiga rumusan masalah yaitu: (1) Bagaimana rencana pelaksanaan pembelajaran yang berkarakter pada mata pelajaran IPS sumber daya alam di kelas IVa SDN Junrejo 1 Batu ? (2) Bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter pada proses pembelajaran IPS sumber daya alam di kelas IVa SDN Junrejo 1 Batu? (3) Bagaimana proses evaluasi pendidikan karakter pada pembelajaran IPS sumber daya alam di kelas IVa SDN Junrejo 1 Batu? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan rencana pelaksanaan pembelajaran yang berkarakter pada mata pelajaran IPS Kompetensi dasar sumber daya alam di kelas IVa di SDN Junrejo 1 Batu . (2) Mendiskripsikan proses pelaksanaan pendidikan karakter pada pembelajaran IPS sumber daya alam di kelas IVa SDN Junrejo 1 Batu. (3) Mendeskripsikan proses evaluasi pendidikan karakter pada pembelajaran IPS sumber daya alam di kelas IVa SDN Junrejo 1 Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, yang mana peneliti mendiskripsikan hasil penelitian ke dalam bentuk kata-kata atau kalimat. Subyek penelitian ini adalah guru kelas IVa di SDN Junrejo 1 Batu. Sumber data diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan model Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perencanaan pelaksanaan pembelajaran yang berkarakter pada mata pelajaran IPS sumber daya alam di kelas IVa SDN Junrejo 1 Batu dilaksanakan melalui membuat perangkat pembelajaran yang berkarakter, (2) Pelaksanaan pendidikan karakter dilaksanakan melalui proses pembelajaran yang disesuaikan dengan perangkat pembelajaran berkarakter, (3) Evaluasi pendidikan karakter pada pembelajaran melalui penilaian, dengan mengamati perilaku peserta didik ketika mengikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 24 Oct 2016 07:30
Last Modified: 24 Oct 2016 07:30
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33939

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo