UMM Institutional Repository

ANALISIS FUNGSI ORGANISASI KELOMPOK KERJA GURU (KKG) DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SDN DADAPERJO 1 BATU

ARFANTI, LAILI ULA (2016) ANALISIS FUNGSI ORGANISASI KELOMPOK KERJA GURU (KKG) DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SDN DADAPERJO 1 BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lailiulaar-44234-1-pendahul-n.pdf

Download (638kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lailiulaar-44234-2-babi.pdf

Download (133kB) | Preview

Abstract

Keyword : Analisis, Kelompok Kerja Guru (KKG), Profesionalisme Guru, Analysis, Teachers Working Group (KKG), Professional Teacher Pada kenyataannya bahwa guru banyak sekali tuntutan untuk dapat menjadi guru yang professional dalam proses belajar mengajar dan dapat menerapkan pembelajaran yang menyenangkan di KKG Gugus Sekolah III SDN Dadaprejo 1 Batu, sehingga untuk dapat meningkatkan Profesionalisme Guru perlu adanya upaya melalui Kelompok Kerja Guru (KKG) sebagai wadah pembinaan professional bagi guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Pelaksanaan Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) di SDN Dadaprejo 1 Batu, Mengetahui (2) Peran Organisasi Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SDN Dadaprejo 1 Batu, dan Mendeskripsikan (3) Faktor-faktor apakah yang menjadi pendukung dan Penghambat Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SDN Dadaprejo 1 Batu. Penelitian menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif. Sebagai sumber data, dipilih Ketua Gugus Guslah III dan Guru Kelas 3, 4, dan 5. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari 2016 di SDN Dadaprejo 1 Batu. Hasil penelitian menunjukkan (1) pelaksanaan kegiatan KKG di SDN Dadaprejo 1 Batu berjalan belum sesuai yang diharapkan pada semestinya karena belum berjalan secara rutin hanya pada saat tertentu saja. (2) Peran kegiatan KKG dalam meningkatkan Profesionalisme Guru di SDN Dadaprejo 1 Batu sebagai wadah pembinaan professional agar guru dapat menambah wawasan dan pengetahuan dan dapat mengembangkan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. (3) Fakto Pendukung kegiatan KKG dalam Meningkatkan Profesioalisme Guru di SDN Dadaprejo 1 batu, (a) Tempat atau lokasi pelaksanaan KKG yang strategis sehingga dapat dijangkau oleh guru, (b) Adanya pemandu materi yang berkompeten dalam kegiatan KKG, (c) Kemauan atau keinginan guru untuk mau maju dan berkembang dengan mengikuti KKG. Sedangkan Faktor Penghambatnya, (a) Waktu yang selalu tidak sesuai dengan kegiatan guru atau waktu yang selalu berbenturan sehingga tidak dapat mengikuti kegiatan KKG, (b) Kemauan guru untuk mengikuti kegiatan KKG yang masih kurang bersemangat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 24 Oct 2016 07:19
Last Modified: 24 Oct 2016 07:19
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33938

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo