UMM Institutional Repository

ANALISIS POSTUR KERJA PADA PROSES PRODUKSI PRESSURE VESSEL MENGGUNAKAN METODE OVAKA WORKING POSTURE ANALYSIS SYSTEM (OWAS)

Andrian, Mukhamad Arif (2016) ANALISIS POSTUR KERJA PADA PROSES PRODUKSI PRESSURE VESSEL MENGGUNAKAN METODE OVAKA WORKING POSTURE ANALYSIS SYSTEM (OWAS). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mukhamadar-44054-1-pendahul-n.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mukhamadar-44054-2-7.bab1.pdf

Download (197kB) | Preview

Abstract

PT. Boma Bisma Indra merupakan perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur salah satunya yaitu membuat bejana tekan. Salah satu proses penting adalah mengelas plat roll, pekerja bagian pengelasan melakukan pekerjaannya masih dengan cara manual. Karena welder mengelas dalam waktu yang lama sehingga menimbulkan keluhan pada bagian tangan, punggung dan kaki. Metode yang akan digunakan pada penelitian ini adalah metode OWAS untuk mengetahui apakah sikap kerja yang dilakukan oleh pekeja las memang memiliki resiko menimbulkan cedera atau tidak sehingga bisa menjadi pertimbangan perusahaan untuk memperbaiki sikap kerja bagian las. Dari analisis OWAS pada tiap bagian kerja didapatkan hasil yaitu bagian kerja marking dengan nilai kategori 3, bagian kerja cutting dengan nilai kategori 2, bagian kerja bending dengan nilai kategori 1, bagian kerja welding dengan nilai kategori 4, bagian kerja assembling dengan nilai kategori 1, bagian kerja painting dengan nilai kategori 3, Pada bagian kerja welding dengan kategori OWAS 4 dan termasuk dalam kategori tinggi dijadikan sebagai prioritas utama perbaikan dengan usulan desain fasiltas kerja berupa bantalan roll yang disesuaikan dengan dimensi antropometri tubuh operator. Setelah dilakukan perbaikan fasiltas kerja didapatkan penurunan tingkat resiko dengan penilaian OWAS yaitu dari skor akhir 4 menjadi 2.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering (26201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 24 Oct 2016 02:58
Last Modified: 24 Oct 2016 02:58
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33928

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo