UMM Institutional Repository

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PADA SISWA KELAS II DI SDN LOSARI SINGOSARI DENGAN MEDIA MAGIC LAPTOP

ADIKARA, FAHMI SURYA (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PADA SISWA KELAS II DI SDN LOSARI SINGOSARI DENGAN MEDIA MAGIC LAPTOP. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fahmisurya-44235-1-pendahul-n.pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fahmisurya-44235-2-babi.pdf

Download (158kB) | Preview

Abstract

Keyword : peningkatan, menulis permulaan, media magic laptop , Increased, write the beginning, Magic Laptop media. Kemampuan menulis permulaan siswa kelas II masih rendah di bawah 75. Hal ini disebabkan guru kelas II SDN Losari Singosari belum memanfaatkan media yang dapat menumbuhkan minat siswa dalam belajar. Berdasarkan kondisi tersebut, perlu adanya upaya peningkatan melalui pemanfaatan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan proses peningkatan kemampuan menulis permulaan pada siswa kelas II di SDN Losari Singosari dengan media magic laptop; dan (2) mendeskripsikan hasil peningkatan kemampuan menulis permulaan pada siswa kelas II di SDN Losari Singosari dengan media magic laptop. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian ini melalui empat tahap secara daur ulang model spiral mulai dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan (observasi), dan tahap refleksi. Data penelitian berupa proses dan hasil peningkatan kemampuan menulis permulaan siswa kelas II di SDN Losari Singosari dengan media magic laptop yang dikumpulkan melalui (1) observasi; (2) catatan lapangan; (3) tes; dan (4) wawancara. Proses pelaksanaan peningkatan kemampuan menulis permulaan pada siswa kelas II di SDN Losari Singosari dengan media magic laptop meliputi (1) kegiatan awal; (2) kegiatan inti; dan (3) kegiatan akhir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media magic laptop dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan siswa kelas II di SDN Losari Singosari. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata persentase yang meningkat dari siklus I-II. Hasil belajar pada siklus I pada aspek siswa rata-rata 60.2%. Hasil belajar pada siklus II dari aspek siswa rata-rata 82.8%. Berdasarkan temuan tentang peningkatan kemampuan menulis permulaan pada siswa kelas II di SDN Losari Singosari dengan media magic laptop, diberikan saran kepada guru kelas II agar dalam membuat perencanaan pembelajaran sebaiknya menggunakan media pembelajaran, salah satunya adalah media magic laptop agar siswa merasa senang dan tidak bosan. Guru juga diharapkan lebih maksimal memberikan motivasi kepada siswa untuk menulis, sehingga minat menulis siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 22 Oct 2016 03:25
Last Modified: 22 Oct 2016 03:25
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33925

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo