UMM Institutional Repository

PENGARUH SIKAP RELIGIUSITAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN TALANGAGUNG 02 KECAMATAN KEPANJEN KABUPATEN MALANG

SUKMARANI, MENTARI RATRI (2016) PENGARUH SIKAP RELIGIUSITAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN TALANGAGUNG 02 KECAMATAN KEPANJEN KABUPATEN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mentarirat-44237-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mentarirat-44237-2-babi.pdf

Download (327kB) | Preview

Abstract

Keyword : Sikap Religiusitas, Prestasi Belajar, Siswa Sekolah Dasar, Religiosity Attitude, Learning Achievement, Student of Elementary School Salah satu kenyataan yang terjadi dalam sepanjang perjalanan sejarah umat manusia adalah fenomena keberagaman atau religiusitas. Berbicara mengenai religiusitas berkaitan dengan adanya kenyataan kualitas penghayatan orang dalam beragama atau berkaitan dengan dimensi kedalaman dan hakikat dasar yang universal dari religi, yang merupakan kualitas keberagamaan seseorang. Hal ini berdampak pada berbagai dimensi kehidupan seseorang, termasuk pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara simultan, perisal dan dominan sikap religiusitas dengan prestasi belajar siswa kelas V SDN 02 Talangagung Kepanjen Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan jenis Causal-Comparative Research yaitu mengukur hubungan sebab-akibat antara dua variable atau lebih. Variable sikap religiusitas terdiri dari: aspek iman, keyakinan praktik agama dan aspek ilmu. Sampel penelitian ini sebanyak 63 orang siswa kelas V. Pengumpulan data primer menggunakan data kuesioner, dan data primer brupa dokumentasi. Data dianalisis menggunakan uji instrumen terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, selanjutnya untuk mengukur pengaruh sikap religiusitas terhadap prestasi belajar dilakukan dengan analisis regresi linier berganda, uji hipotesis (uji F dan t) serta uji dominan menggunakan SPSS versi 20. Penelitian ini mendapatkan hasil: pengaruh sikap religiusitas yang terdiri dari aspek iman, keyakinan, praktik agama dan aspek ilmu terhadap prestasi belajar siswa sebesar 94,7%. Uji hipotesis membuktikan Fhitung sebesar 260,955 > Ftabel 3,145 sehingga hipotesis pertama diterima, hasil uji hipotesis membuktikan thitung > nilai ttabel maka hipotesis kedua diterima, terakhir hipotesis membuktikan aspek ilmu ini berpengaruh dominan pengaruh terhadap presasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian disarankan: a). Siswa seharusnya dapat melaksanakan dan menjalankan sikap religiusitas dengan sebaik-baiknya. b). Sekolah perlu memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada siswa untuk melaksanakan sikap religiusitas, sebab memberikan kontribusi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 22 Oct 2016 03:22
Last Modified: 22 Oct 2016 03:22
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33924

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo