UMM Institutional Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BAMBOO DANCING PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SDN LOWOKWARU 3 MALANG

HUROIDA, EMMI (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BAMBOO DANCING PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SDN LOWOKWARU 3 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-evinuraviv-44378-1-pendahul-n.pdf

Download (697kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-evinuraviv-44378-2-babi.pdf

Download (209kB) | Preview

Abstract

Keyword : Pembelajaran Kooperatif, Bamboo Dancing, Aktivitas Guru dan Siswa, Respon Siswa, cooperative learning teaching, bamboo dancing, teacher and students activity, students response Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPA yang memusatkan siswa dalam pembelajaran. Namun, berdasarkan pengamatan yang dilakukan, sebagian besar siswa kelas IV-C SDN Lowokwaru 3 Malang 33% tidak selalu memperhatikan dan merespon saat pembelajaran IPA dikarenakan siswa merasa pembelajaran IPA sangat sulit. Hal ini model pembelajaran kooperatif yang dilakukan oleh guru seharusnya dapat dikembangkan, sehingga dilakukan penelitian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing dalam pembelajaran IPA.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) proses pembelajaran IPA kelas IV dengan model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing di SDN Lowokwaru 3 Malang, (2) respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing pada pembelajaran IPA di SDN Lowokwaru 3 Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang diperkuat dengan data kuantitatif. Sumber data, dipilih siswa kelas IV SDN Lowokwaru 3 Malang tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 30 siswa dan guru kelas IV-C. Data yang diambil adalah hasil observasi penerapan pembelajaran oleh guru dan siswa, serta respon siswa setelah mengikuti pembelajaran IPA dengan model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa guru dapat menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing sesuai dengan sintakspada kategori baik sebesar 74,71%. Sedangkan nilai rata-rata aktivitas siswa pada kategori baik sebesar 75,86% yang berarti aktivitas siswa selama pembelajaran IPA dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing sudah sesuai dengan instruksi guru. Respon siswa setelah mengikuti pembelajaran adalah secara keseluruhan siswa tertarik dan lebih bersemangat belajar IPA

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 22 Oct 2016 03:19
Last Modified: 22 Oct 2016 03:19
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33923

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo