UMM Institutional Repository

ANALISIS PERILAKU SISWA ADIKSI GAME ONLINE KELAS V SDN JUNREJO 01 BATU

ROHMAN, SAIBATUR (2016) ANALISIS PERILAKU SISWA ADIKSI GAME ONLINE KELAS V SDN JUNREJO 01 BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-saibaturro-44239-1-pendahul-n.pdf

Download (688kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-saibaturro-44239-2-babi.pdf

Download (565kB) | Preview

Abstract

Keyword : Perilaku, Kecanduan, Game Online, Behavior, Addicted, Online Game Paradigma dalam sebuah perkembangan teknologi adalah untuk membantu dan menstimulus siswa ke arah lebih baik, baik aspek kognitif maupun psikomotor para peserta didik di era modernisasi sekarang. Tetapi faktanya perkembangan teknologi dan adanya game online membuat arus balik sehingga mayoritas para adiksi game online berperilaku menyimpang Termasuk siswa Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini (1) Mendeskripsikan perilaku siswa adiksi game online kelas V SDN Junrejo 1 Batu (2) Menjelaskan faktor-faktor penyebab perilaku siswa adiksi game online kelas V SDN Junrejo 1 Batu (3) Menjelaskan solusi dalam mengatasi perilaku siswa adiksi game online kelas V SDN junrejo 1 Batu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan penedekatan kualitatif, penelitian dilakukan di SDN Junrejo 1 Batu Jln. Hasanudin No 57 Junrejo Batu. Sumber data yang dipilih yaitu data primer dan data skunder pemilihan dalam penelitian ini adalah Purposif Sumpling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu member chek. Analisis data dilakukan melalui empat tahapan diantaranya (1)pengumpulan data, (2) Reduksi data, (3) penyajian data dan, (4) Verifikasi data. Hasil penelitian ini yaitu (1) perilaku siswa adiksi game online siswa sulit untuk dinasehati, sering berbicara tidak sopan dan terkesan meremehkan,gaya bahasa siswa adiksi sudah seperti orang dewasa, (2) faktor-faktor siswa adiksi antara lain, faktor interendorongan dari diri sendiri, rasa ingin bisa dan rasa penasaran yang besar serta anak-anak yang masih suka bermain, faktor Ekteren pergaulan dan lingkungan, (3) solusi untuk mengatasi siswa yang adiksi game online adalah, solusi bagi guru adalah tidak memberi tugas yang sumbernya mencari di internet tanpa penagawasan guru, bagi orang tua memberikan waktu luang dan perhatian yang banyak untuk anak, dan solusi untuk siswa, mengurangi pergaulan dengan para pemain game online.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 22 Oct 2016 03:11
Last Modified: 22 Oct 2016 03:11
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33921

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo