UMM Institutional Repository

ANALISIS EVALUASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA KURIKULUM 2013 KELAS 5 SDN TULUSREJO 03 MALANG

PALUPI, AESTRY AYUDYA (2016) ANALISIS EVALUASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA KURIKULUM 2013 KELAS 5 SDN TULUSREJO 03 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-aestryayud-44240-1-pendahul-n.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-aestryayud-44240-2-babi.pdf

Download (115kB) | Preview

Abstract

Keyword : Analisis, Evaluasi Pendidikan Karakter, Kurikulum 2013, Analysis, Evaluation of Character Education, 2013 Curriculum Terbitnya Kurikulum 2013 untuk semua satuan pendidikan dasar dan menengah, merupakan salah satu langkah sentral dan strategis dalam kerangka penguatan pendidikn karakter tetapi pada kenyataannya pendidikan karakter seringkali dianggap sebagai bidang yang sulit untuk diukur, dinilai, dan dievaluasi. Hal ini berkenaan dengan hasil akhir dari pendidikan karakter yang berupa tindakan moral. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) persiapan guru dalam melaksanakan evaluasi pendidikan karakter pada kurikulum 2013 kelas 5 SDN Tulusrejo 3 Malang, (2) pelaksanaan evaluasi pendidikan karakter pada kurikulum 2013 kelas 5 SDN Tulusrejo 3 Malang, (3) kendala dan upaya pelaksanaan evaluasi pendidikan karakter pada kurikulum 2013 kelas 5 SDN Tulusrejo 3 Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan pendekatan yang dilakukan adalah deskriptif. Data dalam penelitian ini yaitu pernyataan guru tentang persiapan dalam melaksanakan evaluasi pendidikan karakter serta kendala dan upaya pelaksanaan evaluasi pendidikan karakter, kegiatan pembelajaran, rubrik penilaian dan RPP sebagai sumber data yaitu guru kelas 5 SDN Tulusrejo 3 Malang. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 14-16 Maret 2016 di SDN Tulusrejo3 Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persiapan guru dalam melaksanakan evaluasi pendidikan karakter ada 3 hal yaitu: a) menyiapkan RPP yang meliputi materi, metode dan pendekatan, (b) menelaah nilai karaktter di RPP c) menyiapkan rubik penilaian. (2) pelaksanaan evaluasi pendidikan karakter pada tema 8 subtema 1 pembelajaran 4 meliputi religus, mandiri, teliti, dan tanggung jawab. Hasil pelaksanaan pendidikan karakter tergolong sangat baik. Pada tema 8 subtema 1 pembelajaran 5 meliputi religius, teliti, mandiri, tanggung jawab dan disiplin. Hasil pelaksanaan pendidikan karakter tergolong sangat baik. Pada tema 8 subtema 1 pembelajaran 6 meliputi religius, mandiri, dan percaya diri. Hasil pelaksanaan pelaksanaan pendidikan karakter sangat baik. (3) kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan evaluasi pendidikan karakter yaitu guru dituntut untuk melakukan evaluasi kepada anak-anak yang tidak sedikit jumlahnya. Sedangkan upaya yang dilakukan guru yaitu guru melakukan pengamatan kepada peserta didik selama proses pembelajaran pada saat belajar mandiri maupun belajar kelompok.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 22 Oct 2016 03:07
Last Modified: 22 Oct 2016 03:07
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33920

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo