UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN MODEL INQUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DAUR HIDUP HEWAN KELAS IV SDN TEGALWERU KABUPATEN MALANG

Krisnawati, Linda (2016) PENGGUNAAN MODEL INQUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DAUR HIDUP HEWAN KELAS IV SDN TEGALWERU KABUPATEN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lindakrisn-44243-1-pendahul-n.pdf

Download (639kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lindakrisn-44243-2-babi.pdf

Download (196kB) | Preview

Abstract

Keyword : Model Inquiri, Hasil Belajar, Model Enquiry, Learning Hasil observasi yang telah dilakukan di kelas IV SDN Tegalweru Kabupaten Malang, yakni terdapat rendahnya hasil belajar. Hal ini disebabkan, Karena kurangnya penggunaan model pembelajaran yang diterapkan dalam proses pembelajaran IPA serta pada saat proses pembelajaran IPA siswa jarang dilibatkan dalam pemecahan suatu permasalahan yang telah dimunculkan oleh guru. Oleh sebab itu, tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar IPA daur hidup hewan kelas IV SDN Tegalweru Kabupaten Malang dengan Penggunaan Model Inquiri. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas IV SDN Tegalweru Kabupaten Malang yang berjumlah 45 siswa yang terdiri dari 26 siswa perempuan dan 19 siswa laki-laki. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Tegalweru Kabupaten Malang, serta instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar wawancara, lembar observasi aktifitas guru, dan lembar observasi hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa diperoleh dari soal tes yang dilakukan oleh guru, hasil tes siswa pada penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I hasil tes siswa yang tuntas yaitu ada 28 siswa nilai yang diperoleh di atas KKM ≥ 70 dengan ketuntasan klasikal 62%, sedangkan 17 siswa lainnya belum tuntas dikarenakan nilai yang diperoleh masih dibawah KKM. Hasil tes siswa pada siklus II menunjukkan bahwa terdapat 42 siswa yang memperoleh nilai diatas KKM ≥ 70 dengan ketuntasan klasikal 93%, sedangkan 3 siswa yang belum tuntas secara individu karena masih dibawah KKM. Hal ini membuktikan bahwa dengan penggunakan model inquiri mampu meningkatkan hasil belajar IPA SDN Tegalweru Kabupaten Malang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 22 Oct 2016 03:05
Last Modified: 22 Oct 2016 03:05
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33919

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo