UTAMI, CITRA PIRANTI (2016) ANALISIS TIPE GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SDN MOJOLANGU 05 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.
|
Text
jiptummpp-gdl-citrapiran-44244-1-pendahul-n.pdf Download (615kB) | Preview |
|
|
Text
jiptummpp-gdl-citrapiran-44244-2-babi.pdf Download (267kB) | Preview |
Abstract
Keyword : Visual, Auditori, Kinestetik, Pembelajaran Tematik, Visual, Auditory, Kinesthetic, Thematic Learning. Gaya belajar (Learning Style) merupakan suatu proses gerak laku, penghayatan, serta kecenderungan pelajar mempelajari atau memperoleh sesuatu ilmu dengan cara khusus. Gaya belajar dibagi menjadi tiga yaitu gaya belajar visual, auditori, kinestetik. Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan gaya belajar yang dimiliki peserta didik kelas IV SDN Mojolangu 05 Malang dalam pembelajaran tematik dan (2) Mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik dengan tipe gaya belajar peserta didik yang berbeda kelas IV di SDN Mojolangu 05 Malang Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk mengklasifikasikan gaya belajar peseta didik, wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk mendukung data hasil angket serta memperoleh data tentang upaya guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik dengan gaya belajar peserta didik yang berbeda-beda Kegiatan analisis data menggunakan kuantitatif untuk menganalisa data hasil angket dan kualitatif untuk mendeskripsikan hasil wawancara, dokumentasi serta observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat 9 peserta didik yang memiliki gaya belajar visual, 2 peserta didik yang memiliki gaya belajar auditori, 2 peserta didik yang memiliki gaya belajar kinestetik, 5 peserta didik memiliki gaya belajar visual-auditori, 2 peserta didik memiliki gaya belajar auditori-kinestetik, 3 peserta didik memiliki gaya belajar visual-kinestetik. (2) Upaya guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik kelas IV SDN Mojolangu 05 Malang memperhatikan beberapa komponen yaitu pengelolaan kelas dengan cara heterogen, pengaturan posisi tempat duduk membentuk lingkaran kecil, menggunakan metode pembelajaran yang beranekaragam, menggunakan media pembelajaran yang menarik sesuai materi, mengetahui tingkat pemahaman peserta didik denagn melakukan pendekatan individual.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206) |
Depositing User: | Mr Ahmad Adi Husada |
Date Deposited: | 22 Oct 2016 03:02 |
Last Modified: | 22 Oct 2016 03:02 |
URI : | http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33918 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |