UMM Institutional Repository

HUBUNGAN ANTARA PERHATIAN ORANG TUA DAN GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS 4 SDN LANGENHARJO 1 KECAMATAN PLEMAHAN KABUPATEN KEDIRI

PUTRI, VIVI CAHYA (2016) HUBUNGAN ANTARA PERHATIAN ORANG TUA DAN GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS 4 SDN LANGENHARJO 1 KECAMATAN PLEMAHAN KABUPATEN KEDIRI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-vivicahyap-44248-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-vivicahyap-44248-2-babi.pdf

Download (170kB) | Preview

Abstract

Keyword : orang tua, guru, siswa, hasil belajar, parents, teachers, learning achievements, students Aktifitas belajar anak membutuhkan perhatian orang tua dan guru, agar anak selalu semangat belajar. Setiap siswa memunyai potensi yang berbeda, tetapi perhatian guru dan orang tua mempengaruhi atau tidaknya keberhasilan siswa.oleh karena itu penelitian ini bertujuan : Mengetahui hubungan antara perhatian orang tua dan guru terhadap hasil belajar siswa kelas 4 SDN Langenharjo I Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian analisis kolerasi.Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas IV SDN Langenharjo I Plemahan yang berjumlah 35 siswa. Variabelnya adalah sebagai berikut: 1) X1= variabel bebas ke satu yaitu perhatian orang tua,2) X2= variabel bebas ke dua yaitu perhatian guru, dan3) Y= variabel terikat yaitu hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan R Square 0,038 artinya 3,8% pengaruh kedua variable independen terhadap variable dependen.100 – 3,8% = 96,2% pengaruh lain. Perhatian orang tua H0diterima, maka berbunyi “Tidak ada hubungan antara perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa” karena nilai Fhitung(0,286) < Ftabel(4,15). Dalam probabilitas mempunyai taraf signifikansi 5% dengan nilai 0,05, jadi probabilitas menunjukkan nilai Sig 0,596 > 0,05. Sedangkan perhatian guru H0diterima, maka berbunyi “Tidak ada hubungan antara perhatian guru terhadap hasil belajar siswa” karena nilai Fhitung (0,624) < Ftabel (3,29). Berdasarkan tingkat probabilitasnya H0 diterima, hal ini dapat dilihat pada uji Anova yang ditunjukkan nilai Sig yaitu 0,542. Dalam probabilitas mempunyai taraf signifikansi 5% dengan nilai 0,05, jadi probabilitas menunjukkan nilai Sig 0,542 > 0,05. Berdasarkan data tersebut maka hasil belajar siswa tidak tergantung dari perhatian orang tua dan guru.Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar tidak di pengaruhi oleh faktor eksternal melainkan dipengaruhi oleh faktor internal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 22 Oct 2016 02:48
Last Modified: 22 Oct 2016 02:48
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33914

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo