UMM Institutional Repository

ANALISIS PEMENUHAN STANDAR PENGELOLAAN PENDIDIKAN DI SDN GAYAM TRENGGALEK

PUSPITASARI, DYAH AYU (2016) ANALISIS PEMENUHAN STANDAR PENGELOLAAN PENDIDIKAN DI SDN GAYAM TRENGGALEK. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dyahayupus-44258-1-pendahul-n.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dyahayupus-44258-2-babi.pdf

Download (172kB) | Preview

Abstract

Keyword : Pemenuhan, Standar Pengelolaan, Perencanaan, Pelaksanaan, Pengawasan dan Evaluasi, Fulfillment, Standards Management, Planning, Implementation,Monitoring and Evaluation Pengelolaan sekolah merupakan salah satu komponen penting dalam sistem pendidikan, proses pengelolaan tersebut dapat berpengaruh terhadap sukses tidaknya suatu proses kegiatan. Pelaksanaan standar pengelolaan pendidikan di SDN Gayam Trenggalek masih terdapat beberapa aspek yang belum memenuhi standar sedangkan dalam standar pengelolaan terdapat 3 komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi. Oleh karena itu perlu diadakannya analisis tentang pemenuhan standar pengelolaan di sekolah. Pemenuhan standar pengelolaan pendidikan di SDN Gayam Trenggalek akan di jabarkan dalam: (1) perencanaan pemenuhan standar pengelolaan pendidikan, (2) pelaksanaan pemenuhan standar pengelolaan pendidikan, dan (3) pengawasan dan evaluasi pemenuhan standar pengelolaan pendidikan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data diperoleh dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, komite sekolah, guru dan dokumen-dokumen sekolah. Penelitian ini dilakukan pada bulan maret 2016 dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dalam 4 tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengelolaan yang dilakukan sekolah sudah baik dan hampir terpenuhi semuanya, namun masih ada beberapa yang harus diperhatikan seperti sosialisasi tujuan sekolah, pemenuhan fasilitas sekolah yang sesuai standar minimal, dan memaksimalkan lagi hubungan sekolah dengan masyarakat sekitar untuk peningkatan pengawasan dan evaluasi sekolah. Pengelolaan sekolah yang baik akan berpengaruh terhadap peningkatan akreditasi sekolah, oleh karena itu upaya pemenuhan kedelapan aspek dalam standar pengelolaan pendidikan harus dilakukan oleh setiap sekolah guna meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 22 Oct 2016 02:34
Last Modified: 22 Oct 2016 02:34
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33910

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo