UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI PEMBENTUKAN KARAKTER PADA EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SD NEGERI LOWOKWARU 1 MALANG

OCTAVIANI, ANNEK ASTRI (2016) IMPLEMENTASI PEMBENTUKAN KARAKTER PADA EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SD NEGERI LOWOKWARU 1 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-annekastri-44259-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-annekastri-44259-2-babi.pdf

Download (230kB) | Preview

Abstract

Keyword : Pembentukan Karakter, Ekstrakurikuler Pramuka, Character Building, Scout Extracurricular Penelitian ini didasari atas fenomena realita yang terjadi pada perilaku, tingkah laku, atau karakter peserta didik atas dasar keberhasilan dalam bidang akademik maupun non akademik. Menurut Permendikbud Nomor 62 tahun 2014 tentang kegiatan Kegiatan Ekstrakurikuler dengan tujuan untuk mengembangkan potensi, bakat, minat, kemampuan, kepribadian, kerjasama, dan kemandirian peserta didiksecara optimal dalam rangka mendukung pencapaian tujuan pendidikan nasional. Adapun pembahasan dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana implementasi pembentukan karakter pada ekstrakurikuler pramuka di SD Negeri Lowokwaru 1 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, dan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan tujuan untuk memperoleh informasi yang mendalam mengenai Implementasi Pembentukan Karakter pada Ekstrakurikuler Pramuka. Informan pada penelitian ini meliputi Kepala Sekolah, Pembina Pramuka, dua Guru Kelas, empat siswa yang mengikuti ekstrakurikuler pramuka, dan tiga wali murid. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Lowokwaru 1 Malang pada tanggal 5 Maret 2016 sampai 26 Maret 2016. Instrument pada penelitian ini berupa pedoman wawancara, pedoman observasi, kamera dan alat recorder. Data dianalisis menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian dari implementasi pembentukan karakter pada ekstrakurikuler pramuka di SD Negeri Lowokwaru 1 Malang, lebih banyak mengedepankan pembentukan karakter peserta didik pada setiap program-program ekstrakurikuler pramuka. Meskipun terbilang cukup maksimal, akan tetapi masih terdapat hambatan, diantaranya adalah waktu kegiatan yang tidak sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. Tidak seimbangnya jumlah pembina dengan banyaknya siswa. Program kegiatan ekstrakurikuler pramuka yang telah dibuat sekolah tidak sesuai dengan pelaksanaannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 22 Oct 2016 02:30
Last Modified: 22 Oct 2016 02:30
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33909

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo