UMM Institutional Repository

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA ANAK PADA SISWA KELAS IV-A SDN MADE III LAMONGAN DENGAN METODE PICTURE AND PICTURE

PUSPITASARI, SELVIA HELDINA (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA ANAK PADA SISWA KELAS IV-A SDN MADE III LAMONGAN DENGAN METODE PICTURE AND PICTURE. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-selviaheld-44260-1-pendahul-n.pdf

Download (873kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-selviaheld-44260-2-babi.pdf

Download (424kB) | Preview

Abstract

Keyword : Menulis Cerita Anak, Metode Picture and Picture, Writing ChildrenÂ’s Story, Picture and Picture Method. Pada kenyataannya bahwa kemampuan menulis cerita anak pada siswa kelas IV-A SDN Made III Lamongan masih sangat rendah. Hal ini dilihat dari hasil tes menulis cerita khususnya cerita anak pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di antaranya 7 siswa (35%) nilainya memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan 13 siswa (65%) lainnya masih di bawah KKM, dengan nilai rata-rata 68,5. Adapun Nilai KKM di SDN Made III Lamongan adalah 75. Dari pernyataan di atas, perlu adanya peningkatan kemampuan menulis cerita anak melalui metode yang tepat, salah satunya metode Picture and Picture. Penelitian ini memiliki tujuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita anak pada siswa kelas IV-A SDN Made III Lamongan dengan metode Picture and Picture. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam tahapan siklus, meliputi tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas IV-A SDN Made III Lamongan yang berjumlah 20 siswa. Objek penelitian ini adalah kemampuan menulis cerita anak pada pembelajaran Bahasa Indonesia dengan metode Picture and Picture. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan tes hasil belajar siswa. Data hasil penelitian dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dalam menulis cerita anak dan aktivitas belajar siswa selama pembelajaran di kelas. Hasil menulis cerita anak prasiklus, siswa yang mencapai KKM sebanyak 7 siswa (35%), sedangkan pada siklus I meningkat menjadi 14 siswa (70%), dan pada siklus II seluruh siswa telah mencapai KKM (100%). Pada tahap pratindakan, siswa kurang tertarikdalam mengikuti pembelajaran. Siswa kurang memperhatikan penjelasan guru. Pada siklus I ketertarikan siswa sudah mulai terlihat. Pada siklus II sudah berebut untuk menyusun gambar seri dan membacakan menulis cerita anak di depan kelas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 22 Oct 2016 02:28
Last Modified: 22 Oct 2016 02:28
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33908

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo