UMM Institutional Repository

PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN FASILITAS BELAJAR DI RUMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SD MUHAMMADIYAH 5 MALANG

WABULA, ELLYNA HAMBARWATI (2016) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN FASILITAS BELAJAR DI RUMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SD MUHAMMADIYAH 5 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ellynahamb-44261-1-pendahul-n.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ellynahamb-44261-2-babi.pdf

Download (379kB) | Preview

Abstract

Keyword : lingkungan keluarga, fasilitas belajar, prestasi belajar, Family environment, Learning facilities, Learning achievement Lingkungan keluarga dan fasilitas belajar yang dimiliki oleh siswa merupakan dua faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar. Lingkungan keluarga dalam penelitian ini cara orang tua mendidik, suasana rumah, keadaan ekonomi keluarga, pengertian orang tua dan latar belakang kebudayaan nantinya berpengaruh terhadap belajar siswa. Begitu juga fasilitas dalam penelitian ini merupakan fasilitas belajar yang dapat menunjang terlaksananya pembelajaran yang nantinya akan berpengaruh terhadap prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) apakah terdapat pengaruh atau tidak antara lingkungan keluarga dengan prestai belajar siswa di SD Muhammadiyah 5 Malang dan (2) apakah terdapat pengaruh atau tidak antara fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar siswa di SD Muhammadiyah 5 Malang. Berdasarkan permasalahan yang akan diteliti, maka jenis penelitian ini adalah Expost Facto . Sebagai sumber data, dipilih siswa kelas 5 SD Muhammadiyah 5 Malang, yang berjumlah 20 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer yang berasal dari pengisian angket dari siswa dan data sekunder berupa hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari 2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) lingkungan keluarga 5% siswa menjawab sangat setuju, 15% siswa menjawab setuju, 25% siswa menjawab kurang setuju, 30% siswa menjawab tidak setuju dan 25% siswa menjawab sangat tidak setuju. Selain itu, juga terdapat nilai thitung < ttabel yaitu dengan nilai -1,308 < 2,09. (2) Fasilitas belajar di rumah 10% siswa menjawab sangat setuju, 10% siswa menjawab setuju, 20% siswa menjawab kurang setuju, 35% siswa menjawab tidak setuju dan 25% siswa menjawab sangat tidak setuju. Selain itu, juga terdapat nilai thitung < ttabel yaitu dengan nilai 1,245 < 2,09. Dari hasil penelitian ini, saran yang dapat direkomendasikan pada orang tua adalah untuk lebih meningkatkan pengawasan dan perhatian serta melengkapi fasilitas belajar agar siswa dapat meningkatkan prestasi belajarnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 22 Oct 2016 02:10
Last Modified: 22 Oct 2016 02:10
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33907

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo