UMM Institutional Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION MELALUI MEDIA BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 3 SD PADA MATA PELAJARAN IPA DI SDN TLEKUNG 02

ANGGREINIE, RARA LAVENDA (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION MELALUI MEDIA BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 3 SD PADA MATA PELAJARAN IPA DI SDN TLEKUNG 02. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-raralavend-44262-1-pendahul-n.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-raralavend-44262-2-babi.pdf

Download (199kB) | Preview

Abstract

Keyword : Sikap Ilmiah, Hasil belajar, Group Investigation, Scientific Attitude, Learning Result, Group Investigation Pentingnya sikap ilmiah dalam pelaksanaan percobaan atau penelitian menjadikannya syarat mutlak yang harus dimiliki peserta didik dalam kegiatan pembelajaran IPA. Penyebab rendahnya sikap ilmiah dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA di SDN Tlekung 02 disebabkan oleh banyak faktor salah satunya kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru, kurangnya pemanfaatan model & media dalam pembelajaran, dan peserta didik masih belum bisa mengaplikasikan konsep nyata dari IPA pada kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujunan untuk mengetahui : (1) penerapan model pembelajaran group investigation melalui media berbasis lingkungan dalam meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA kelas 3 SD (2) peningkatan sikap ilmiah dan hasil belajar siswa terhadap kombinasi model pembelajaran group investigation dan media berbasis lingkungan pada mata pelajaran IPA kelas 3 SD. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) sedangkan pendekatan yang di gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas 3 SD dengan jumlah siswa 39 orang. Data dan sumber data yang digunakan peneliti berasal dari hasil wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sumber data diperoleh melalui wawancara pada guru kelas 3, observasi / pengamatan pada proses pembelajaran, dan tes yang dilakukan peneliti setelah penerapan PTK. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2016 dalam 2 tahap, yaitu tahap pra tindakan dan tahap tindakan. Tahap tindakan di lakukan oleh peneliti dalam 2 siklus. masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Hasil penelitian menunjukan (1) penerapan model pembelajaran group investigation melalui media berbasis lingkungan pada mata pelajaran IPA kelas 3 SD memberikan dampak positif bagi siswa karena dapat meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar siswa 2) peningkatan sikap ilmiah pada siklus I menunjukan skor tertinggi antara 61-80 dan terendah antara 40-60. Sedangkan siklus ke II skor tertinggi berada antara 81-100 dan terendah di antara 40-60. Peningkatan hasil belajar pada siklus I menunjukan hasil belajar 62% dan siklus II menunjukan hasil belajar 82%. Peningkatan presentase hasil belajar siswa pada siklus II 20% meningkat dari siklus I.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 22 Oct 2016 02:07
Last Modified: 22 Oct 2016 02:07
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33906

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo