UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN MEDIA PRISKABER (PRISMA KATA BERGAMBAR) UNTUK ANAK BERKESULITAN BELAJAR MEMBACA PERMULAAN KELAS I SD

AGUSTIN, DWI ANGGITASARI (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PRISKABER (PRISMA KATA BERGAMBAR) UNTUK ANAK BERKESULITAN BELAJAR MEMBACA PERMULAAN KELAS I SD. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dwianggita-44266-1-pendahul-n.pdf

Download (904kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dwianggita-44266-2-babi.pdf

Download (436kB) | Preview

Abstract

Keyword : Pengembangan, Media Pembelajaran, Media Priskaber, Membaca Permulaan, Development, Learning Media, Priskaber Media, Early Reading Berdasarkan observasi pendahuluan yang dilakukan di SDN Kunjorowesi 1 Mojokerto ditemukan beberapa masalah dalam pembelajaran membaca permulaan antara lain: (1) kemampuan siswa dalam membaca permulaan belum lancar, siswa masih terbata-bata dalam membaca, dan ada yang masih mengeja perkata; (2) Sarana dan prasarana minin; (3) Media pembelajaran terbatas. Berdasarkan kondisi tersebut, perlu diberikan solusi alternatif serta dilakukan tindakan yang tepat demi tercapainya tujuan pembelajaran menjadi efektif. Solusi alternatif, yaitu dibutuhkan media untuk mendukung proses belajar di kelas. Tujuan penelitian ini adalah mengembangan media priskaber dan keefektifannya sebagai media untuk membaca permulaan pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas I SD. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan Borg & Gall yang memiliki 10 tahapan. 10 tahapan yang perlu peneliti lakukan yakni potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba kelompok kecil yang berjumlah 8 siswa, revisi produk, uji coba pemakaian kelompok besar yang berjumlah 20 siswa, revisi produk akhir, dan produksi massal. Akan tetapi penelitian pengembangan ini dilakukan sampai tahap kesembilan yaitu tahap revisi produk akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media priskaber ini layak digunakan, dapat dibuktikan dengan perolehan persentase hasil uji ahli media pembelajaran sebesar 95,45%, ahli materi pembelajaran 100%, ahli pembelajaran bahasa Indonesia 97,22%. Sementara uji coba kelompok kecil yang berjumlah 8 siswa didapatkan hasil presentase 93,75%, sedangkan untuk uji coba pemakaian skala besar pada 20 siswa sebesar 96,66% sehingga dapat dikategorikan sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 22 Oct 2016 02:04
Last Modified: 22 Oct 2016 02:04
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33905

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo