UMM Institutional Repository

PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN KEPRAMUKAAN DI SDN SUMBERSARI 1 MALANG

MERINA, PRIMULA (2016) PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN KEPRAMUKAAN DI SDN SUMBERSARI 1 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-primulamer-44268-1-pendahul-n.pdf

Download (648kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-primulamer-44268-2-babi.pdf

Download (428kB) | Preview

Abstract

Keyword : Kunci: penguatan karakter, kegiatan kepramukaan, strengthening character, scouting activities Latar belakang penelitian ini adalah bahwa kegiatan esktrakurikuler pramuka adalah bertujuan untuk menanamkan karakter khususnya religi, disiplin dan tanggung jawab. Kegiatan pramuka di SDN Sumbersari 1 Malang sudah berjalan lama dan cukup baik. Akan tetapi dalam kenyataan implementasi karakternya masih terlihat kurang maksimal. Peserta didik masih kurang disiplin, terlambat saat latihan dan tidak memakai atribut lengkap. Tatap muka dalam pembelajaran di kelas juga belum cukup untuk memberi pengetahuan kepada peserta didik sehingga harus dibekali dengan pengalaman langsung di lapangan. Oleh sebab itu kegiatan kepramukaan adalah salah satu ekstrakurikuler yang mampu menguatkan karakter peserta didik. Selain itu proses pembentukan sikap dan nilai-nilai karakter dapat dibentuk dari kegiatan dalam kepramukaan sehingga mampu mendukung berjalannya implementasi Kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang program kegiatan pramuka, implementasi penguatan karakter dan hasil penguatan karakter yang diperoleh melalui kegiatan esktrakurikuler pramuka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V dengan lokasi penelitian di SDN Sumbersari 1 Malang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai Maret 2016. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumen, wawancara dan observasi. Instrumen yang digunakan peneliti adalah dokumen kegiatan kepramukaan, pedoman observasi dan wawancara. Data dianalisis menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan pendidikan karakter melalui kegiatan kepramukaan secara keseluruhan telah mampu mengimplementasikan indikator sikap yang ada dalam aspek religi, disiplin dan tanggung jawab. Pelaksanaan kegiatan pramuka telah dilaksanakan sesuai dengan program yang disusun. Penguatan pendidikan karakter diimplementasikan melalui hasil kegiatan di lapangan didukung dengan hasil pembelajaran di dalam kelas. Sehingga hasil yang dicapai adalah menjadikan peserta didik sebagai standar lulusan berkarakter sesuai dalam UU RI Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 35.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 22 Oct 2016 01:52
Last Modified: 22 Oct 2016 01:52
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33903

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo