UMM Institutional Repository

ANALISIS KESALAHAN KONSEP MATEMATIKA DAN PERBAIKANNYA PADA BUKU GURU DAN BUKU SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR SEMESTER GENAP

WIDYA, ELLA (2016) ANALISIS KESALAHAN KONSEP MATEMATIKA DAN PERBAIKANNYA PADA BUKU GURU DAN BUKU SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR SEMESTER GENAP. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ellawidya-44375-1-pendahul-n.pdf

Download (576kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ellawidya-44375-2-babi.pdf

Download (66kB) | Preview

Abstract

Keyword : Kesalahan Konsep Matematika, Buku Guru dan Buku Siswa. Pelajaran matematika selain mempunyai sifat abstrak, pemahaman konsep yang baik sangatlah penting. Pada kurikulum 2013, terdapat buku guru dan buku siswa yang telah disediakan oleh pemerintah sebagai buku wajib sumber belajar disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk : 1)mendeskrisikan apa saja kesalahan konsep matematika pada buku guru dan buku siswa kelas 1 semester genap, 2)menjelaskan bagaimana perbaikan kesalahan konsep matematika pada buku guru dan buku siswa kelas 1 semester genap. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis buku guru dan buku siswa kelas 1 semester genap, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara menelaah semua data yang ada dibuku guru dan buku siswa, mentranskipkan data kesalahan konsep matematika dalam buku guru dan buku siswa, melakukan verifikasi, dan menyampaikan perbaikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 5 konsep kesalahan, yaitu: 1)kesalahan mendefinisikan konsep, sebanyak 3 kesalahan dilakukan perbaikan dengan menggunakan simbol matematika dengan benar dan memberi tambahan materi tentang kelipatan . 2)kesalahan membedakan contoh dan bukan contoh, sebanyak 2 kesalahan dilakukan perbaikan dengan member operasi pengurangan dengan tanda silang (x). 3)pemberian ilustrasi yang tidak sesuai dengan definisi konsep yang diberikan, sebanyak 1 kesalahan dilakukan perbaikan dengan melengkapi kalimat yang jelas sesuai petunjuk pengerjaan soal. 4)ketidaktepatan dan ketidaklengkapan dalam mengungkapkan semesta pembicaraan, sebanyak 2 kesalahan dilakukan perbaikan dengan melengkapi materi panjang, lebar, luas secara sederhana dan melengkapi contoh penyeleseian soal. 5)penggunaan konsep yang belum dikenal atau penggunaan yang tidak konsisten pada buku guru, sebanyak 2 kesalahan dilakukan perbaikan dengan mengganti simbol matematika yang benar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 22 Oct 2016 01:33
Last Modified: 22 Oct 2016 01:33
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33899

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo