UMM Institutional Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS IV SD NEGERI LOLAWANG NGORO MOJOKERTO

NURMALASARI, EVA (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS IV SD NEGERI LOLAWANG NGORO MOJOKERTO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-evanurmala-44377-1-pendahul-n.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-evanurmala-44377-2-babi.pdf

Download (159kB) | Preview

Abstract

Keyword : Pengaruh, Penggunaan, Model Pembelajaran MIND MAPPING. Penelitian ini diawali dari pengamatan yang dilakukan di SD Negeri Lolawang Ngoro Mojokerto. Berdasarkan pengamatan dan hasil observasi tersebut masih banyak siswa yang merasa kesulitan dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi. Salah satu penyebabnya yaitu siswa belum sepenuhnya menuangkan ide kreatif, sehingga pembelajaran menjadi tidak menarik bagi siswa. Rumusan masalah dalam penelitian yaitu Bagaimana pengaruh penggunaan model pembelajaran mind mapping terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SD Negeri Lolawang Ngoro Mojokerto? Sesuai dengan rumusan masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh penggunaan model pembelajaran mind mapping terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi di SD Negeri Lolawang Ngoro Mojokerto. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut digunakan penelitian eksperimen. Jenis desain penelitian eksperimen yang digunakan adalah quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design, desain ini kelompok eksperimen maupun kontrol tidak dipilih secara random. Tahap pelaksanaan penelitian ini yang pertama yaitu pemberian pretest untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selanjutnya adalah penyampaian materi, pada kelompok eksperimen diberikan perlakuan atau treatment berupa materi disampaikan dengan menggunakan model pembelajaran mind mapping, sedangkan kelompok kontrol tidak menggunakan model pembelajaran mind mapping. Setelah mendapatkan materi masing-masing kelas diberikan postest. Adapun teknik pengujian yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji-t menggunakan SPSS 21. Berdasarkan hasil perhitungan diketahui bahwa t-hitung > t-tabel. H_0 : Tidak terdapat perbedaan penggunaan model pembelajaran mind mapping terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi dan H_a : Terdapat perbedaan penggunaan model pembelajaran mind mapping terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi. Uji hipotesis dengan menggunakan uji-t, maka hipotesis pada taraf signifikan α = 0,05 atau kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05), dapat diketahui nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel (-8,093 > 1,729). Dengan demikian H_0 ditolak dan H_a diterima.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan model pembelajaran mind mapping terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV pada pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV di SD Negeri Lolawang Ngoro Mojokerto.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 22 Oct 2016 01:30
Last Modified: 22 Oct 2016 01:30
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33898

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo