UMM Institutional Repository

HUBUNGAN KECEMASAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 4 BATU

ELISA, ITA (2016) HUBUNGAN KECEMASAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 4 BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-itaelisa-44381-1-pendahul-n.pdf

Download (649kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-itaelisa-44381-2-babi.pdf

Download (390kB) | Preview

Abstract

Keyword : Kecemasan dan Motivasi Belajar Kecemasan yang terjadi pada seorang siswa sering dialami dan kondisi ini sering mempengaruhi motivasi belajar dari seorang siswa tersebut. Apabila seorang siswa tidak mampu untuk mengendalikan terjadinya kecemasan maka motivasi belajar akan mengalami penurunan, namun demikian apabila seorang siswa dapat mengendalikan terjadinya kecemasan maka dapat meningkatkan motivasi belajar. Tujuan penelitian ini yaitu 1) Mengetahui dan mendeskripsikan tingkat kecemasan siswa kelas V SD Muhammadiyah 4 Batu 2) Mengetahui dan mendeskripsikan tingkat motivasi belajar siswa kelas V SD Muhammadiyah 4 Batu dan 3) Mengetahui dan mendiskripsikan hubungan antara kecemasan dan motivasi belajar siswa kelas V SD Muhammadiyah 4 Batu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Sebagai sumber data, dipilih siswa kelas V SD Muhammadiyah 4 Batu, tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini digunakan untuk mencari data tentang kecemasan dan motivasi belajar. Lokasi penelitian yaitu di SD Muhammadiyah 4 Batu yang beralamatkan di Jalan Welirang No.17 Kota Batu. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan angket tertutup sebagai pengumpul data dan menggunakan instrumen penelitian yaitu kuesioner dengan menggunakan teknik analisis data juga menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis korelasi (product moment) dari Karl Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecemasan pada siswa SD Muhammadiyah 4 Batu masuk dalam kategori rendah. Tingkat motivasi belajar pada siswa SD Muhammadiyah 4 Batu masuk dalam kategori tinggi dan terdapat hubungan antara kecemasan dan motivasi belajar pada siswa SD Muhammadiyah 4 Batu dengan nilai koefisien sebesar 0,535 dengan taraf signifikansi sebesar 0,003, artinya bahwa dengan semakin tinggi kecemasan maka motivasi belajar siswa akan mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan untuk menciptakan suasana kelas yang nyaman dan memotivasi siswa sehingga siswa dapat belajar dengan baik, serta upaya untuk mengurangi tingkat kecemasan siswa ketika menghadapi ujian dapat dilakukan secara maksimal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 21 Oct 2016 11:09
Last Modified: 21 Oct 2016 11:09
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33895

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo