UMM Institutional Repository

ANALISIS KARAKTERISTIK MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DI SDN BLIMBING 05 MALANG

SHOVANSYAH, IVO NUR (2016) ANALISIS KARAKTERISTIK MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DI SDN BLIMBING 05 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ivonurshov-44382-1-pendahul-n.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ivonurshov-44382-2-babi.pdf

Download (171kB) | Preview

Abstract

Keyword : Manajemen Berbasis Sekolah, karakteristik MBS SDN Blimbing 05 Malang adalah salah satu sekolah yang mempunyai prestasi yang cukup menonjol dan yang menerapkan karakteristik MBS. SDN Blimbing 05 Malang berletak di Jln. Borobudur 10 / 32 Malang Kec. Blimbing Kab. Malang. Lingkungan SDN Blimbing 05 Malang juga berdekatan dengan lingkungan pasar yang menyebabkan ketertiban lingkungan sekolah sedikit terganggu. Salah satu tujuan program MBS adalah memberikan wewenang secara luas kepada warga sekolah untuk memajukan sekolah yang diinginkan. Oleh sebab itu SDN Blimbing 05 malang harus berupaya agar bisa menertibkan sekolahnya yang berdekatan dengan lingkungan pasar. Dalam penelitian karakteristik MBS ini peneliti bertujuan untuk, mendeskripsikan karakteristik MBS, hambatan, dan upaya dalam mengatasi hambatan dari karakteristik MBS di SDN Blimbing 05 malang. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dengan teknik triangulasi dan bahan referensi. Adapun yang menjadi responden dalam penelitian ini adalah kepala sekolah guru dan staf sekolah. Sedangkan untuk analisis data menggunakan tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pelaksanaan karakteristik MBS yang dilaksanakan oleh SDN Blimbing 05 Malang melakukan pendekatan sistem dengan menerapkan tiga komponen yaitu 1) output, yaitu prestasi sekolah yang dihasilkan melalui proses pembelajaran dan manajemen di sekolah, umumnya output berupa prestasi akademik dan non akademik. (2) Proses, adalah serangkaian kegiatan manajemen yang mengubah sesuatu menjadi sesuatu yang berpengaruh pada hasil output yang dilakukan oleh sekolah, (3) Input, adalah segala sesuatu yang harus tersedia, karena dibutuhkan untuk berlangsungnya proses. Sesuatu yang dimaksud berupa sumberdaya dan perangkat lunak serta harapan-harapan sebagai pemandu bagi berlangsungnya proses. Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan karakteristik MBS terdapat pada komponen “Proses” yaitu: (1) kondisi lingkungan sekolah yang kurang tertib karena berdekatan dengan lingkungan pasar. (2) partisipasi orang tua siswa dalam hal pendidikan yang masih kurang, sehingga siswa kurang mendapatkan perhatian dari orang tua tentang pentingnya pendidikan. Upaya penyelesaian oleh sekolah di lakukan dengan cara musyawarah melalui Forum Group Discustion (FGD) yang mengasilkan upaya sebagai berikut: (1) pemindahan pintu gerbang sekolah, (2) Mempertinggi tembok sekolah, (3) pengelolaan kelas harus lebih dimaksimalkan agar suasana kelas menjadi menyenangkan, sehingga siswa tidak terpengaruh dengan kegiatan yang ada di lingkungan pasar (4) pemberian surat pemanggilan orang tua siswa yang tidak mendapatkan nilai.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 21 Oct 2016 11:00
Last Modified: 21 Oct 2016 11:00
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33894

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo