UMM Institutional Repository

ANALISIS PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DALAM BIDANG SARANA DAN PRASARANA DI SD MUHAMMADIYAH 1 KESAMBEN BLITAR

WULANDARI, LILIES SETYORINI (2016) ANALISIS PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DALAM BIDANG SARANA DAN PRASARANA DI SD MUHAMMADIYAH 1 KESAMBEN BLITAR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-liliessety-44384-1-pendahul-n.pdf

Download (851kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-liliessety-44384-2-babi.pdf

Download (707kB) | Preview

Abstract

Keyword : Analisis, Manajemen Berbasis Sekolah, Sarana dan Prasarana Manajemen sangat penting untuk peningkatan mutu sekolah karena tidak mungkin tanpa manajemen yang baik tujuan pendidikan dapat diwujudkan secara optimal, efektif, dan efisien. Faktor penting untuk menjalankan MBS di sekolah salah satunya adalah bidang sarana dan prasarana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: (1) Penerapan MBS dibidang sarana dan prasarana, (2) Faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi sekolah dalam menerapkan MBS dibidang sarana dan prasarana, dan (3) Solusi untuk mengatasi hambatan yang dihadapi sekolah dalam menerapkan MBS dibidang sarana dan prasarana di SD Muhammadiyah 1 Kesamben Blitar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sebagai sumber data, dipilih kepala sekolah SD Muhammadiyah 1 Kesamben Blitar, salah satu guru dan peserta didik SD Muhammadiyah 1 Kesamben Blitar. Pengambilan data diperoleh dari teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi yang berkaitan dengan MBS dibidang sarana dan prasarana. Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan di SD Muhammadiyah 1 Kesamben diketahui bahwa minimnya sarana dan prasarana pendidikan yang ada di sekolah, menuntut guru untuk lebih kreatif dalam pembelajaran, jadi dengan minimnya sarana dan prasarana yang ada, tidak mempengaruhi proses belajar mengajar di sekolah tersebut. SD Muhammadiyah 1 Kesamben baru diresmikan pada tahun 2010, dengan berjalannya waktu sarana dan prasarana yang ada di sekolah tersebut sudah mulai dilengkapi sesuai dengan standar MBS pada kurikulum yang berlaku. Permasalahan yang dihadapi adalah dalam pengembangan sarana dan prasarana belum memadai siswa dalam proses pembelajaran, dikarenakan SD Muhammadiyah 1 Kesamben merupakan sekolah yang masih dalam tahap pengembangan. Hal ini, ditandai dengan keterbatasannya ruang kelas, masih berkembangnya pembangunan Laboratorium dan perpustakaan. Solusi yang diberikan sekolah untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi adalah memenuhi kebutuhan peserta didik dalam pemanfaatan sarana dan prasarana, agar setiap barang yang dimiliki senantiasa dapat berfungsi dengan baik maka barang-barang tersebut perlu dirawat secara baik dan berkelanjutan, untuk menghindarkan adanya unsur-unsur pengganggu/perusaknya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 21 Oct 2016 10:41
Last Modified: 21 Oct 2016 10:41
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33893

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo