UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE ROBOT PADA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS I SDN BOCEK 02 KARANGPLOSO

MASLIKHAH, (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE ROBOT PADA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS I SDN BOCEK 02 KARANGPLOSO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-maslikhah-44387-1-pendahul-n.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-maslikhah-44387-2-babi.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-maslikhah-44387-1-pendahul-n.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-maslikhah-44387-2-babi.pdf

Download (173kB) | Preview

Abstract

Keyword : Media Puzzle Robot, Pendekatan Problem Solving, Hasil Belajar Siswa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika pada kelas I SDN Bocek 02 Karangploso, khususnya pada pokok bahasan bangun datar. Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang masih terpusat pada guru dan media yang digunakan kurang menarik. Hal ini menyebabkan siswa kurang memahami materi bangun berdampak pada hasil belajar yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada siswa kelas I SDN Bocek 02 Karangploso melalui penggunaan media Puzzle robot dalam pendekatan problem solving. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data penelitian dilaksanakan pada tanggal 21 April 2015 sampai dengan 02 Mei 2015. Data penelitian berupa data hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan, pada siklus I siswa yang tuntas hasil belajarnya secara individu ada 11 siswa dengan persentase ketuntasan klasikal 59,25%, sedangkan pada siklus II setelah dilakukan perbaikan-perbaikan pembelajaran siswa yang tuntas hasil belajarnya secara individu mengalami peningkatan menjadi 24 siswa dengan persentase ketuntasan klasikal 88%. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media puzzle robot dalam pendekatan problem solving dapat meningkatkan hasil belajar bangun datar pada siswa kelas I SDN Bocek 02 Karangploso.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 21 Oct 2016 10:27
Last Modified: 21 Oct 2016 10:27
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33892

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo