UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF KURIKULUM 2013 PADA KELAS I SDN PANDANWANGI 1 MALANG

SARI, NUNGKI NURITA (2016) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF KURIKULUM 2013 PADA KELAS I SDN PANDANWANGI 1 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nungkinuri-44388-1-pendahul-n.pdf

Download (884kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nungkinuri-44388-2-babi.pdf

Download (160kB) | Preview

Abstract

Keyword : Analisis, Pembelajaran Tematik Integratif, Kurikulum 2013. Pembelajaran tematik integratif dalam kurikulum 2013 merupakan pembelajaran yang menggabungkan beberapa materi pelajaran yang saling berhubungan dan menjadi satu tema, sehingga banyak permasalahan dalam implementasinya. Penelitian ini memiliki tujuan penelitian yakni: (1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tematik integratif kurikulum 2013 pada kelas 1 SDN Pandanwangi 1 Malang (2) Mendeskripsikan kendala pelaksanaan pembelajaran tematik integratif kurikulum 2013 pada kelas I SDN Pandanwangi 1 Malang (3) Mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru dalam menghadapi kendala pelaksanaan pembelajaran tematik integratif kurikulum 2013 pada kelas I SDN Pandanwangi 1 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas I di SDN Pandanwangi 1 Malang. Sumber data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumenter. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model Milles and Huberman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Guru dalam melaksanakan pembelajaran sudah menggunakan model pembelajaran, metode, media yang sesuai dengan materi dan kondisi peserta didik (2) Kendala yang dihadapi guru ada pada hal pelaksanaan pembelajaran yakni kemampuan peserta didik yang berbeda-beda, alokasi waktu pembelajaran yang membutuhkan waktu lebih lama(3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala adalah guru memilih media, metode, pendekatan sesuai dengan kemampuan peserta didiknya dan menggabungkan beberapa materi pelajaran yang memiliki ruang lingkup sama agar sesuai dengan alokasi waktu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 21 Oct 2016 09:38
Last Modified: 21 Oct 2016 09:38
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33891

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo