UMM Institutional Repository

ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK BERDASARKAN PENDEKATAN SAINTIFIK MODEL DISCOVERY LEARNING TEMA 7 SUBTEMA 3 KELAS III SDN MOJOLANGU 03 MALANG

WIJAYANTI, YUSITA LILIS (2016) ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK BERDASARKAN PENDEKATAN SAINTIFIK MODEL DISCOVERY LEARNING TEMA 7 SUBTEMA 3 KELAS III SDN MOJOLANGU 03 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yusitalili-44390-1-pendahul-n.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yusitalili-44390-2-babi.pdf

Download (199kB) | Preview

Abstract

Keyword : analisis, pembelajaran tematik, pendekatan saintifik, model discovery learning. Pelaksanaan pembelajaran akan mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan jika menggunakan model pembelajaran yang sesuai. Pada kurikulum 2013, model pembelajaran disesuaikan dengan karakteristik peserta didik. Oleh karena itu, maka akan dilakukan pelaksanaan pembelajaran berdasarkan pendekatan dengan model discovery learning pada tema 7 subtema 8 kelas III SDN Mojolangu 3 Malang. Adapun tujuan penelitian ini sebagai berikut. (1) Perencanaan pembelajaran tematik berdasarkan pendekatan saintifik model discovery learning tema 7 subtema 3 SDN Mojolangu 3 Malang, (2) pelaksanaan pembelajaran tematik berdasarkan pendekatan saintifik model discovery learning tema 7 subtema 3 SDN Mojolangu 3 Malang, (3) kendala pelaksanaan pembelajaran tematik berdasarkan pendekatan saintifik model discovery learning tema 7 subtema 3 SDN Mojolangu 3 Malang Jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif deskriftif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas III. Sumber data berasal dari dokumentasi (silabus dan RPP), siswa dan guru kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) perencanaan pembelajaran, dilakukan dengan mempersiapkan silabus dan RPP menggunakan pendekatan saintifik, strategi cooperative learning, teknik example non example, dan metode menggunakan pengamatan tanya jawab, presentasi, dan praktek yang diintegrasikan dengan langkah-langkah kegiatan sesuai dengan model discovery learning, (2) pelaksanaan pembelajaran menggunakan langkah-langkah model discovery learning yaitu guru memulai dengan pembelajaran rangsangan, pernyataan/identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, dan menarik kesimpulan, (3) kendala pelaksanaan pembelajaran yaitu terletak pada perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Pada perencanaan kendalanya yaitu guru kesulitan dalam mengintegrasikan pendekatan saintifik dengan model discovery learning dikarenakan strateginya yang berbeda. Pada pelaksanaan pembelajaran kendala yang dihadapi oleh guru yaitu kesulitan mengelola waktu karena tingkat pemahaman siswa yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 21 Oct 2016 08:07
Last Modified: 21 Oct 2016 08:07
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33890

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo