UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN STRAIGHT LINE PADA MATERI PENGUKURAN SATUAN PANJANG SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

DEWI, SANDRITA RUSDIANA (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN STRAIGHT LINE PADA MATERI PENGUKURAN SATUAN PANJANG SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sandritaru-44391-1-pendahul-n.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sandritaru-44391-2-babi.pdf

Download (79kB) | Preview

Abstract

Keyword : pengembangan, media pembelajaran, pengukuran satuan panjang, Straight Line (Papan Pengukuran Satuan Panjang) Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya ketersediaan media pada materi pengukuran satuan panjang untuk kelas III Sekolah Dasar. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan pada pembelajaran matematika materi pengukuran diketahui bahwa dalam proses pembelajaran, guru sudah menggunakan media. Akan tetapi, guru belum pernah membuat dan mengembangkan media pembelajaran untuk materi pengukuran satuan panjang. Media yang digunakan dalam pembelajaran tersebut lebih sering menggunakan gambar di papan, LKS dan buku teks saja. Media tersebut dirasa belum efektif karena membuat siswa kurang aktif dan cepat bosan. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa permainan edukatif dalam pembelajaran matematika materi pengukuran satuan panjang untuk siswa kelas III Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan dalam melakukan pengembangan media ini yaitu Research and Development (R&D). Media dikembangkan dengan model prosedural yaitu model yang bersifat deskriptif dengan menunjukkan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Media pembelajaran yang telah dikembangkan divalidasi oleh ahli media, ahli materi dan ahli pembelajaran Sekolah Dasar serta diujicobakan pada siswa. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian pada tahap validasi media pembelajaran menunjukkan kriteria sangat valid. Hasil prosentase yang diperoleh dari ahli media pembelajaran mencapai 86,6%, 92% oleh ahli materi, dan 90% oleh ahli pembelajaran. Hasil ujicoba produk yang dilakukan di SD Islam Plus Al-Mudhofar Lamongan juga menunjukkan respon positif. Pada uji coba kelompok kecil diperoleh prosentase 92%, dan 96,4% pada uji coba kelompok besar. Berdasarkan hasil keseluruhan dapat disimpulkan bahwa media Straight Line (Papan Pengukuran Satuan Panjang) dapat dijadikan sebagai media pembelajaran materi pengukuran satuan panjang pada kelas III Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 21 Oct 2016 07:44
Last Modified: 21 Oct 2016 07:44
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33889

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo