UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PROGRAM PENGEMBANGAN DIRI DI SDN NGIJO 03 KABUPATEN MALANG

WIDHY, RENI KURNIA (2016) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PROGRAM PENGEMBANGAN DIRI DI SDN NGIJO 03 KABUPATEN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-renikurnia-44392-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-renikurnia-44392-2-babi.pdf

Download (529kB) | Preview

Abstract

Keyword : Pendididikan karakter, pengembangan diri. Pendidikan karakter merupakan upaya untuk membantu perkembangan jiwa anak-anak baik lahir maupun batin, dari sifat kodratinya menuju ke arah yang lebih manusiawi serta lebih baik daripada sebelumnya. Dalam penerapan dan pengembangan kurikulum yang menitik beratkan kepada pengembangan peserta didik, pihak sekolah dan pendidik berusaha untuk membangun kembali karakter siswa melalui pengembangan diri. Kegiatan pengembangan diri selain melibatkan berbagai macam kegiatan, juga melibatkan banyak orang. Oleh karena itu, diperlukan sebuah pengelolaan dan pengorganisasian yang disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan pada masing - masing sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan karakter melalui program pengembangan diri di SDN Ngijo 03 Kabupaten Malang. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut digunakan penelitian kuantitatif melalui pendekatan deskriptif kuantitatif. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi, lembar wawancara dan angket yang diberikan kepada kepala sekolah, guru pembimbing/koordinator pengembangan diri dan siswa, kemudian diadakan pengumpulan data. Berdasarkan hasil angket dan wawancara diketahui bahwa kegiatan pengembangan diri dapat meningkatkan nilai religius (100% berdoÂ’a, 80,76% beribadah bersama, 96,15% mengucap salam), jujur (84,61% mengembalikan barang temuan), toleransi (88,46% menghormati teman yang beribadah), disiplin (76,92% berseragam rapi, 100% berbaris rapi dan bersalaman ketika masuk kelas, 88,46% taat peraturan, 80,76% patuh pesan guru), kerja keras (100% antusias dalam permainan), rasa ingin tahu (76,92% mengikuti ekstrakurikuler sesuai minat dan bakat, 73,07% percaya diri dalam kegiatan ekstrakurikuler, 84,61% ingin mengembangkan bakat), semangat kebangsaan (100% mengikuti upacara hari besar), bersahabat/komunikatif (76,92% berbicara sopan), peduli lingkungan (69,23% membuang sampah pada tempatnya, 88,46% menegur teman yang membuang sampah sembarangan, 65,38% ikut kerja bakti), peduli sosial (76,92% menolong mengambilkan barang yang jatuh, 92,30% menyisihkan uang untuk amal, 96,15% menjenguk teman sakit yang dekat rumahnya, 88,46% membawa teman yang sakit ke UKS), menghargai prestasi (65,38% ikut serta dalam pentas seni, 73,07% tidak putus asa saat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, 88,46% giat berlatih untuk mengikuti pentas seni) dan tanggung jawab (84,61% bersemangat saat mengikuti kegiatan belajar, 69,23% mengerjakan tugas individu dan kelompok, 100% antusias mengikuti pembelajaran luar kelas, 69,23% mengerjakan tugas piket dengan baik). Kegiatan pengembangan diri dilakukan oleh seluruh warga sekolah dalam membantu peserta didik dalam mengembangkan jiwanya baik lahir maupun batin dari sifat yang dimiliki menuju pada arah yang lebih manusiawi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 21 Oct 2016 07:33
Last Modified: 21 Oct 2016 07:33
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33888

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo