UMM Institutional Repository

ANALISIS STRATEGI BELAJAR MENGAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PELAJARAN MATEMATIKA SDN CANDIPARI I PORONG

FATIKHIN, RATNA HIDAYATUL (2016) ANALISIS STRATEGI BELAJAR MENGAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PELAJARAN MATEMATIKA SDN CANDIPARI I PORONG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ratnahiday-44393-1-pendahul-n.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ratnahiday-44393-2-babi.pdf

Download (444kB) | Preview

Abstract

Keyword : strategi belajar mengajar, model pembelajaran kooperatif tipe TAI, hasil belajar, matematika Pada kenyataan bahwa pembelajaran Matematika di SDN Candipari I Kecamatan Porong masih menggunakan model pembelajaran konvensional dan masih monoton. Siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan didominasi oleh guru, sehingga nilai hasil belajar Matematika kelas IV masih dibawah KKM. Oleh karena itu, perlu adanya modifikasi strategi belajar mengajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) pada mata pelajaran Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan: (1) strategi belajar mengajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) terhadap hasil belajar siswa kelas IV pelajaran Matematika di SDN Candipari I Porong, dan (2) Hasil belajar siswa kelas IV SDN Candipari I Porong setelah diterapkan startegi belajar mengajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan induktif. Penelitian dilakukan di SDN Candipari I Kecamatan Porong Kabupaten Sidoarjo. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV semester I SDN Candipari I Porong dengan jumlah siswa sebanyak 30, yang terdiri dari 17 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober 2015 selama dua kali pertemuan. Data diperoleh dengan teknik observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini, yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) pada mata pelajaran Matematika siswa menjadi lebih aktif, tertarik, dan senang belajar Matematika. Siswa sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, sehingga dalam proses pembelajaran siswa terlibat langsung. Pembelajaran menjadi menyenangkan dan tidak monoton setelah diterapkan strategi belajar mengajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 20 Oct 2016 11:44
Last Modified: 20 Oct 2016 11:44
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33887

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo