UMM Institutional Repository

KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN MENCARI PASANGAN DENGAN BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RANGKA TUBUH MANUSIA KELAS IV SDN TAMBAKSARI 03 PASURUAN

Anam, Misbahul (2016) KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN MENCARI PASANGAN DENGAN BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RANGKA TUBUH MANUSIA KELAS IV SDN TAMBAKSARI 03 PASURUAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-misbahulan-44397-1-pendahul-n.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-misbahulan-44397-2-babi.pdf

Download (140kB) | Preview

Abstract

Keyword : Model Pembelajaran, Mencari Pasangan, Bermain Peran, Hasil Belajar Kegiatan belajar mengajar siswa SDN Tambaksari 3 Pasuruan berlangsung sudah baik, akan tetapi terdapat beberapa permasalahan yang di alami oleh siswa dari ranah kognitif dan psikomotor. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SDN Tambaksari III Pasuruan, hasil belajar peserta didik kelas IV yang berjumlah IPA sebanyak 47,1 % telah tuntas sedangkan 52,9 % belum tuntas dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan yaitu 67. Penelitian dengan judul Penerapan Kombinasi Model Pembelajaran Mencari Pasangan dengan Bermain Peran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Rangka Tubuh Manusia Kelas IV Di SDN Tambaksari 3 Pasuruan. Ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan penerapan Kombinasi Model Pembelajaran Mencari Pasangan dengan Bermain Peran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Memahami Rangka Manusia pada Siswa Kelas IV di SDN Tambaksari 3 Pasuruan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. 2) menjelaskan peningkatan hasil belajar IPA kelas IV SDN Tambaksari 3 dengan penerapan Kombinasi Model Pembelajaran Mencari Pasangan dengan Bermain Peran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Memahami Rangka Manusia pada Siswa Kelas IV Di SDN Tambaksari 3 Pasuruan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah 17 siswa kelas IV di SDN Tambaksari 3 Pasuruan. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi siswa, guru, dan lembar kerja kelompok. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif diskriptif. Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran IPA dengan penerapan Model Pembelajaran Mencari Pasangan dengan Bermain Peran dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari siklus 1 terdapat 58,8%, siswa yang tuntas, sedangkan pada siklus 2 menjadi 82,4% siswa yang tuntas belajar dari jumlah keseluruhan siswa 17 kelas IV di SDN Tambaksari 3 Pasuruan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 20 Oct 2016 11:09
Last Modified: 20 Oct 2016 11:09
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33885

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo