UMM Institutional Repository

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI STRATEGI LEARNING JOURNALS DENGAN METODE RESITASI PADA KELAS V SEMESTER II SDN 02 PENDEM BATU

WINASTI, MANDA YULIA (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI STRATEGI LEARNING JOURNALS DENGAN METODE RESITASI PADA KELAS V SEMESTER II SDN 02 PENDEM BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mandayulia-44398-1-pendahul-n.pdf

Download (706kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mandayulia-44398-2-babi.pdf

Download (225kB) | Preview

Abstract

Keyword : Strategi Learning Journals, Metode Resitasi, dan Keterampilan Menulis Penelitian ini diawali dengan observasi awal utuk mengetahui suasana proses pembelajaran bahasa Indonesia. Pada observasi dapat dilihat bahwa siswa kelas V masih malas untuk melakukan kegiatan belajar mengajar,khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, serta metode yang digunakan guru masih metode ceramah,sehingga siswa masih belum biasa mengeluarkan ide – ide yang ia miliki. Menggunakan Strategi Learning Journals Dengan Metode Resitasi ini diharapkan siswa dapat mengeluarkan ide – ide yang ia miliki. Hasil observasi menunjukkan bahwa terdapat permasalahan mengenai keterampilan menulis dalam materi menulis puisi ketutasan klasikal siswa mencapai 63,35 % dari 73 % yang ditetapkan. Hal ini disebabkan kurang maksimalnya penjelasan yang diberikan pada siswa dan kurangnya kesempatan untuk siswa belajar menuliskan ide - idenya ke dalam jurnal. Karena itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kela V dalam materi menulis puisi dengan menggunakan strategi Learning Journals dan metode resitasi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 37 orang, 12 siswa laki – laki dan sebanyak 18 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan di SDN 02 Pendem Batu. Pengambilan data – data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, dokumentasi, dan tes. Proses penelitian yang diawali dari prasiklus sampai siklus II telah menunjukkan peningkatan. Dari KKM yang ditentukan yaitu 73, saat prasiklus ketuntasan klasikal mencapai 62,35%, siklus I mencapai 65,24% dan siklus II mencapai 71,61% dari prasiklus sampai siklus II, ketuntasan klasikal telah mengalami perubahan yang baik. Berdasarkan hal ini dapat diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan strategi Learning Journals dan metode resitasi dapat meningkatkan keterampilan menulis dalam materi menulis puisi pada kelas V SDN 02 Pendem Batu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 20 Oct 2016 10:33
Last Modified: 20 Oct 2016 10:33
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33884

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo