UMM Institutional Repository

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA PELAJARAN IPA MATERI SIFAT-SIFAT BENDA KELAS III SDN TEGALGONDO 01

Handayani, Ria Putri (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA PELAJARAN IPA MATERI SIFAT-SIFAT BENDA KELAS III SDN TEGALGONDO 01. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-riaputriha-44404-1-pendahul-n.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-riaputriha-44404-2-bab1.pdf

Download (175kB) | Preview

Abstract

Keyword : Meningkatkan Hasil Belajar IPA, Metode Snowball Throwing Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPA. Hanya 7 siswa (39%) yang mencapai nilai KKM sekolah yaitu 70. Hal ini disebabkan karena dalam proses pembelajaran IPA, guru cenderung melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah tanpa adanya metode lain, motivasi dan aktivitas belajar siswa rendah yang ditandai dengan siswa cenderung pasif dalam hal mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan. Kondisi inilah yang menyebabkan hasil belajar siswa kurang optimal. Oleh karena itu peneliti berupaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran Snowball Throwing, karena metode ini siswa dapat lebih aktif bersemangat dan senang dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran Snowball Throwing pada pembelajaran IPA tentang sifat-sifat benda. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). PTK merupakan salah satu metode penelitian yang dapat menyelesaikan masalah di kelas. PTK terdiri dari beberapa siklus dan setiap siklus terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Tegalgondo 01 yang berjumlah 18 siswa. Pada kegiatan pembelajaran siswa mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II. Rata-rata yang telah dicapai siswa yang sudah tuntas 37,5% dan siswa yang belum tuntas 62,5%, sedangkan siklus II nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan, siswa yang tuntas 83% dan siswa yang masih belum tuntas 17%. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran Snowball Throwing pada mata pelajaran IPA kelas III SD Tegangondo 01 berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai guru.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 20 Oct 2016 09:40
Last Modified: 20 Oct 2016 09:40
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33881

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo