UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI KERANGKA TUBUH MANUSIA MELALUI STRATEGI TEAM QUIZ PADA SISWA KELAS IVA SDN DADAPREJO 1 BATU

RIZKIAWATI, RISMA YUSNIA (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI KERANGKA TUBUH MANUSIA MELALUI STRATEGI TEAM QUIZ PADA SISWA KELAS IVA SDN DADAPREJO 1 BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rismayusni-44405-1-pendahul-n.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rismayusni-44405-2-babi.pdf

Download (341kB) | Preview

Abstract

Keyword : hasil belajar, strategi team quiz Pada mata pelajaran IPA materi kerangka tubuh manusia siswa terlihat kurang berminat. Hal ini disebabkan karena beberapa faktor yaitu: 1) siswa kurang konsentrasi saat pembelajaran berlangsung disebabkan siswa sering bermain sendiri pada saat guru memberikan materi, 2) pembelajaran hanya terfokus pada buku karena penggunaan metode atau strategi pembelajaran yang kurang bervariasi menyebabkan siswa pasif, 3) hasil belajar siswa masih rendah disebabkan motivasi belajar siswa kurang antusias. Tujuan penelitian yaitu 1) mendeskripsikan penggunaan strategi team quiz terhadap hasil belajar IPA materi kerangka tubuh manusia, dan 2) mendeskripsikan penerapan strategi team quiz terhadap hasil belajar IPA materi kerangka tubuh manusia. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang meliputi penyusunan rencana, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IVA SDN Dadaprejo 1 Batu sebanyak 20 siswa yang terdiri dari 12 laki-laki dan 8 perempuan. Langkah-langkah pembelajaran team quiz yaitu 1) guru membagi siswa menjadi tiga kelompok yaitu kelompok a, b, c dengan cara berhitung, 2) guru menyampaikan materi dibagi menjadi 3 bagian, 3) setelah penyampaian, guru meminta kelompok a menyiapkan pertanyaan berkaitan dengan materi yang baru saja disampaikan guru untuk kelompok b dan c, 4) jika tanya jawab selesai, guru melanjutkan pelajaran kedua dan menunjuk kelompok b untuk menjadi kelompok penanya dan dilakukan seperti proses kelompok a, 5) guru melanjutkan pelajaran yang terakhir dan menunjuk kelompok c untuk jadi kelompok penanya, 6) guru mengakhiri pembelajaran dengan menyimpulkan dengan tanya jawab dan menjelaskan jika ada pemahaman siswa yang keliru. Hasil belajar siswa yang diukur berupa aspek kognitif yang meliputi tes evaluasi soal, dan aspek afektif yang meliputi 4 aspek yaitu 1) keaktifan bertanya, 2) menjawab pertanyaan, 3) bekerja sama, dan 4) ketertiban.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 20 Oct 2016 09:17
Last Modified: 20 Oct 2016 09:17
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33880

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo