UMM Institutional Repository

PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN OLAHRAGA KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH 1 KESAMBEN BLITAR

NAFIDAH, PRADITA UMI (2016) PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN OLAHRAGA KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH 1 KESAMBEN BLITAR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-praditaumi-44408-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-praditaumi-44408-2-babi.pdf

Download (436kB) | Preview

Abstract

Keyword : Pendidikan Karakter, Pembelajaran Olahraga Pendidikan karakter merupakan proses pemberian tuntunan kepada peserta didik untuk menjadi manusia yang lebih baik untuk kehidupan selanjutnya. Pendidikan karakter yang ada di sekolah tidak terlepas dari tanggung jawab guru dan orang tua peserta didik. Pelaksanaan pendidikan karakter bisa diintegrasikan dalam semua mata pelajaran, salah satunya dalam mata pelajaran olahraga. Pada pembelajaran olahahraga peserta didik diharapkan mampu menerapkan nila-nilai karakter yang mengacu pada 18 nilai yang ada di Kemendiknas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan, kendala dan upaya pelaksanaan pendidikan karakter kelas IV di SD Muhammadiyah 1 Kesamben Blitar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang dalam penelitian yaitu guru dan peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah 1 Kesamben, Blitar tahun ajaran 2014/2015. Data diperoleh dari hasil wawancara, obeservasi serta didukung dengan dokumentasi berupa foto-foto saat kegiatan pembelajaran. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran olahraga kelas IV di SD Muhammadiyah 1 Kesamben Blitar pada tahap perencanaan dilakukan dengan merancang kegiatan pembelajaran dalam silabus dan RPP serta penanaman nilai dalam diri siswa. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas pendidikan karakter dilakukan sepanjang kegiatan pembelajaran berlangsung mulai dari guru memasuki kelas sampai guru meninggalkan kelas. Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pendidikan karakter yaitu kurangnya dukungan orang tua dalam mengembangkan pendidikan karakter dan upaya yang dilakukan sekolah melakukan pengelolaan kelas dengan baik, dan menjalin komukasi yang baik dengan orangtua siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 20 Oct 2016 08:45
Last Modified: 20 Oct 2016 08:45
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33879

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo