UMM Institutional Repository

Analisis Kemampuan Siswa dalam Belajar Membaca Permulaan Kelas I SD Muhammadiyah 9 Malang

Sari, Dian Puspita (2016) Analisis Kemampuan Siswa dalam Belajar Membaca Permulaan Kelas I SD Muhammadiyah 9 Malang. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-saridianpu-43585-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-saridianpu-43585-2-babi.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-saridianpu-43585-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-saridianpu-43585-2-babi.pdf

Download (204kB) | Preview

Abstract

Keyword : Kemampuan, Siswa Belajar, Membaca Permulaan Abstrak Kemampuan membaca permulaan hendaknya diterapkan kepada siswa sekolah dasar sejak usia dini. Karena kemampuan membaca permulaan sangat mendasar bagi siswa. Pengetahuan dan kemampuan yang diperoleh siswa pada pembelajaran membaca permulaan tersebut akan menjadi dasar dalam peningkatan dan pengembangan kemampuan siswa pada jenjang selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) kemampuan siswa dalam belajar membaca permulaan kelas I SD Muhammadiyah 9 Malang, (2) mendeskripsikan kendala-kendala pada siswa dalam belajar membaca permulaan kelas I SD Muhammadiyah 9 Malang, (3) menjelaskan upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala-kendala dalam belajar membaca permulaan kelas I SD Muhammadiyah 9 Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan menggunakan metode deskriptif, dengan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data yang dipilih siswa dan guru kelas I-A dan I-C SD Muhammadiyah 9 Malang tahun ajaran 2015/2016. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa : (1) kemampuan siswa dalam belajar membaca permulaan dikatakan kurang karena faktor lingkungan, keluarga, tidak masuk taman kanak-kanak dan taman kanak-kanak yang berbeda-beda, (2) mendeskripsikan kendala-kendala pada siswa dalam belajar membaca permulaan, yaitu siswanya heterogen, belajar membaca tergantung dengan suasana hati siswa, dan daya ingat siswa yang kurang, (3) upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala-kendala tersebut dengan menerapkan tertib kepada siswa, memberikan penanganan khusus dan menuntun siswa yang kurang dalam belajar membaca permulaan,

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 20 Oct 2016 08:11
Last Modified: 20 Oct 2016 08:11
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33877

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo