UMM Institutional Repository

Pengembangan Media Index Card Match Untuk Materi Pecahan Senilai Siswa Kelas 4 SD

Fridayanti, Tutut (2016) Pengembangan Media Index Card Match Untuk Materi Pecahan Senilai Siswa Kelas 4 SD. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fridayanti-43586-1-pendahul-n.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fridayanti-43586-2-bab1ja-i.pdf

Download (228kB) | Preview

Abstract

Keyword : pengembangan, index card match , pecahan senilai Abstrak Kegiatan pendidikan matematika dikemas dengan sebuah media permainan yang bervariatif dapat membuat siswa aktif untuk mengikuti dan berpartisipasi langsung dalam pembelajaran. Pembelajaran yang dikembangkan pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan media index card match. Index card match merupakan media pembelajaran yang menyenangkan yang digunakan untuk memahami materi siswa yaitu pecahan senilai di mana yang sebelumnya materi sangat sulit dengan adanya media ini lebih memudahkan siswa .Hal ini disebabkan oleh keterbatasan media yang kurang besar dan kurang banyak dalam pembuatan yang membuat siswa terlalu susah untuk menempelkan kartu lebih banyak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R & D (Research and Development) yaitu, menggunakan model Borg and Gall. Adapun langkah- langkah pengembangan yang di maksud adalah Potensi dan Masalah, Pengumpulan Data , Desain Produk , Validasi Desain , Perbaikan Desain , Uji coba Produk, Revisi Produk, Ujicoba Pemakaian , Revisi Produk Tahap Akhir, dan Produksi Massal. Penelitian ini hanya sampai pada tahap Uji coba pemakaian. Subyek di lakukan di SDN Resapombo 4 dan SDN Kalimanis 2 dengan menggunakan kelompok kecil sebanyak 4 siswa dan menggunakan kelompok besar sebanyak 14 siswa di SDN Resapombo 4. Sedangkan di SDN Kalimanis 2 kelompok besar menngunakan sebanyak 7 siswa. Berdasarkan hasil penelitian pada tahap validasi ahli media pembelajaran menunjukan bahwa desain media index card match menunjukan kriteria layak dan tidak perlu direvisi Hasil yang diperoleh dari ahli materi dan media menunjukan kriteria layak hal ini dapat dilihat dari siswa mampu memahami materi yang diberikan serta mampu menngunakan media dengan baik sedangkan hasil yang diperoleh dari ahli pembelajaran di SDN Resapombo 4 dan SDN Kalimanis 2 menunjukkan kriteria sangat layak dan tidak perlu direvisi dapat dilihat dari nilai siswa dengan menggunakan soal tes . Selain itu, hasil ujicoba produk kelompok kecil di SDN Resapombo 4 dan di SDN Kalimanis 2 menunjukkan kriteria sangat layak hal ini dapat dilihat dari angket yang di berikan guru . Ujicoba kelompok besar di SDN Kalimani 2 dan SDN Resapombo 4 menunjukkan hasil dengan kriteria sangat layak dapat dilihat dari tes yang di berikan guru. Bedasarkan hasil keseluruhan dapat disimpulkan bahwa media index card match dapat dijadikan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 19 Oct 2016 12:31
Last Modified: 19 Oct 2016 12:31
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33862

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo