UMM Institutional Repository

Peningkatan Hasil Belajar Membaca Menggunakan Metode Global Bermedia Cerita Bergambar Siswa Kelas I SDN Dadaprejo 02 Batu.

Pratiwi, Ratih (2016) Peningkatan Hasil Belajar Membaca Menggunakan Metode Global Bermedia Cerita Bergambar Siswa Kelas I SDN Dadaprejo 02 Batu. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-pratiwirat-43589-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-pratiwirat-43589-2-babi.pdf

Download (173kB) | Preview

Abstract

Keyword : Metode Global, Media Cerita Bergambar, Hasil Belajar, Kemampuan Membaca Abstrak Hasil observasi yang telah dilakukan di kelas I SDN Dadaprejo 02 Batu, terdapat rendahnya nilai hasil belajar serta kurangnya kemampuan membaca siswa. Hal ini disebabkan, karena proses pembelajaran dikelas kurangnya metode dan media yang mendukung untuk proses pembelajaran. Oleh sebab itu, tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan hasil belajar dan kemampuan membaca siswa kelas I SDN Dadaprejo 02 Batu dengan menggunakan metode global bermedia cerita bergambar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas I SDN Dadaprejo 02 Batu yang berjumlah 18 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas I SDN Dadaprejo 02 Batu, serta instrumen yang digunakan dalam peelitian ini adalah lembar observasi aktifitas guru, lembar observasi hasil belajar dan kemampuan membaca siswa dan lembar wawancara. Hasil belajar siswa diperoleh dari hasil soal tes yang dilakukan oleh guru, hasil tes siswa pada penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I hasil tes siswa yang tuntas ada 11 siswa nilai yang diperoleh di atas KKM ≥ 75 dengan ketuntasan klasikal 68,75%, sedangkan 5 siswa lainnya belum tuntas dikarenakan nilai yang diperoleh masih dibawah KKM. Hasil tes siswa pada siklus II menunjukkan bahwa terdapat 17 siswa yang memperoleh nilai diatas KKM ≥ 75 dengan ketuntasan klasikal 94,44%, sedangkan 1 siswa belum tuntas secara individu karena nilai masih dibawah KKM. Hal ini membuktikan bahwa pada siklus II mengalami peningkatan hasil belajar siswa yaitu 68,75% menjadi 94,44%. Hasil kemampuan membaca yang diperoleh siswa pada siklus I pertemuan pertama, terdapat 5 siswa yang medapatkan skor 3, kemampuan membaca siswa mencapai 62,85%, pertemuan kedua meningkat yaitu 6 siswa yang mendapatkan skor 3 dengan presentase 63,81. Pada siklus II pertemuan pertama terdapat 12 siswa yang mendapatkan skor 3 dengan presentase 79,16% dan pada pertemuan kedua kembali meningkat kemampuan membaca siswa yaitu terdapat 18 siswa yang mendaptkan skor 3, tidak ada siswa yang mendapatkan skor 1 dari masing-masing aspek, dengan presentase 85,47%. Hal ini membuktikan bahwa dengan menggunakan metode global bermedia cerita bergambar mampu meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas I SDN Dadaprejo 02 Batu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 19 Oct 2016 11:00
Last Modified: 19 Oct 2016 11:00
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33859

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo