UMM Institutional Repository

Peningkatan Hasil Belajar Pengurangan Bersusun dengan Menggunakan Media Papan Hitung Siswa Kelas 2-A SDN Mergosono 1 Malang.

Rodiyah, Echa Aisyatur (2016) Peningkatan Hasil Belajar Pengurangan Bersusun dengan Menggunakan Media Papan Hitung Siswa Kelas 2-A SDN Mergosono 1 Malang. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rodiyahech-43591-1-pendahul-n.pdf

Download (931kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rodiyahech-43591-2-babi.pdf

Download (246kB) | Preview

Abstract

Keyword : Peningkatan, Hasil Belajar, Media Papan Hitung. Abstrak Pendidikan dapat diartikan sebagai kegiatan seseorang dalam membimbing dan memimpin anak menuju ke pertumbuhan dan perkembangan secara optimal agar dapat berdiri sendiri dan bertanggung jawab. Dalam bidang ilmu pendidikan di jenjang sekolah dasar ada banyak mata pelajaran yang harus dipahami dan dikuasai oleh peserta didik. Beberapa mata pelajaran yang harus dikuasai adalah matematika, bahasa Indonesia, pendidikan kewarganegaraan, ilmu pengetahuan alam dan ilmu pengetahuan sosial. Dari sekian banyak bidang ilmu yang diajarkan ada saja penyebab terjadinya ketidakseimbangan dalam penguasaan materi yang di sampaikan oleh tenga pendidik atau guru. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada kelas 2-A SDN Mergosono 1 Malang. Subjek penelitian berjumlah 33 siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Adapun rumusan masalah dalam penelitian tindakan kelas ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana penerapan pembelajaran dengan Media Papan Hitung pada Materi Pengurangan sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas 2-A SDN Mergosono 1 Malang? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa setelah penggunaan Media Papan Hitung pada Materi Pengurangan Siswa Kelas 2-A SDN Mergosono 1 Malang?. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yaitu penelitian ini akan mendiskripsikan peristiwa yang terjadi dalam bentuk kalimat, untuk melengkapi data kualitatf digunakan juga data kuantitaif yaitu untuk mengukur hasil belajar siswa yang diperoleh dari hasil tes yang diberikan pada siswa. Data kuantitaif berupa angka hasil belajar siswa, sedangkan data kualitatif merupakan ungkapan yang menunjukkan tentang proses dan hasil belajar yang diperoleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan media papan hitung pada siswa kelas 2-A SDN Mergosono 1 Malang sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan harapan. Siswa lebih semangat mengikuti pembelajaran menggunakan media dan menunjang keberlangsungan pembelajaran. Hasil belajar yang di dapat siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I 33% dan meningkat menjadi 97 % pada siklus II.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 19 Oct 2016 10:38
Last Modified: 19 Oct 2016 10:38
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33857

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo