Ulfa, Kiki Maria (2016) Peningkatan Kemampuan Berhitung Penjumlahan dan Pengurangan dengan Menggunakan Media Kantong Bilangan pada Siswa Kelas II SDN Sidorejo 02 Pagelaran. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.
|
Text
jiptummpp-gdl-ulfakikima-43592-1-pendahul-n.pdf Download (485kB) | Preview |
|
|
Text
jiptummpp-gdl-ulfakikima-43592-2-babi.pdf Download (138kB) | Preview |
Abstract
Keyword : Media Kantong Bilangan, Kemampuan Berhitung Abstrak Hasil observasi yang telah dilakukan di kelas II SDN Sidorejo 02 Pagelaran, terdapat rendahnya kemampuan berhitung siswa. Hal ini disebabkan, karena proses pembelajaran dikelas kurangnya media yang mendukung untuk proses pembelajaran. Oleh sebab itu, tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas II SDN Sidorejo 02 Pagelaran dengan menggunakan media kantong bilangan. Media yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas II SDN Sidorejo 02 Pagelaran yang berjumlah 33 siswa yang terdiri dari 19 siswa laki-laki siswa dan 14 siswa perempuan. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas II SDN Sidorejo 02 Pagelaran, serta instrumen yang digunakan dalam peelitian ini adalah lembar observasi aktifitas guru, lembar observasi kemampuan berhitung siswa dan lembar wawancara. Kemampuan berhitung siswa diperoleh dari hasil kemampuan berhitung yang dilakukan oleh guru, hasil tes kemampuan berhitung pada penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I kemampuan berhitung siswa yang tuntas ada 12 siswa nilai yang diperoleh di atas KKM ≥60 dengan nilai rata-rata 51,43%, sedangkan 21 siswa lainnya belum tuntas dikarenakan nilai yang diperoleh masih dibawah KKM. Kemampuan berhitung siswa pada siklus II menunjukkan bahwa terdapat 30 siswa yang memperoleh nilai diatas KKM ≥60 dengan nilai rata-rata 92,50%, sedangkan 3 siswa belum tuntas secara individu karena nilai masih dibawah KKM. Hal ini membuktikan bahwa pada siklus II mengalami peningkatan kemampuan berhitung siswa 62,78% menjadi 92,50%. Kemampuan berhitung siswa yang diperoleh siswa pada siklus I pertemuan pertama, terdapat 4 siswa yang medapatkan skor 3, kemampuan berhitung siswa mencapai 51,43%, pertemuan kedua meningkat yaitu 7 siswa yang mendapatkan skor 3 dengan presentase 62,78. Pada siklus II pertemuan pertama terdapat 23 siswa yang mendapatkan skor 3 dengan presentase 81,67% dan pada pertemuan kedua kembali meningkat kemampuan berhitung siswa yaitu terdapat 30 siswa yang mendaptkan skor 3, tidak ada siswa yang mendapatkan skor 1 dari masing-masing aspek, dengan presentase 92,28%. Hal ini membuktikan bahwa dengan menggunakan media kantong bilangan mampu meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas II SDN Sidorejo 02 Pagelaran
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206) |
Depositing User: | Mr Ahmad Adi Husada |
Date Deposited: | 19 Oct 2016 10:33 |
Last Modified: | 19 Oct 2016 10:33 |
URI : | http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33856 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |