UMM Institutional Repository

Pengembangan Media Pohon Hitung Pada Pembelajaran Matematika Untuk Siswa Kelas I SD,. Penelitian dan Pengembangan.

Sela, Metalia Vicy Agnes (2016) Pengembangan Media Pohon Hitung Pada Pembelajaran Matematika Untuk Siswa Kelas I SD,. Penelitian dan Pengembangan. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-metaliavic-43603-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-metaliavic-43603-2-bab1.pdf

Download (210kB) | Preview

Abstract

Keyword : Pengembangan, Pohon Hitung, Pembelajaran Matematika, Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan, sampai 20, Role Playing Kelas I SD. Abstrak Media berperan sebagai teknologi pembawa pesan (informasi) dan sebagai alat bantu untuk mewujudkan situasi pembelajaran yang lebih menarik dan membuat konsep- konsep yang bersifat abstrak . berdasarkan hasil observasi yang dilakukan ole penelitian di Sekolah Dasar pada pembelajaran matematika di kelas I diketahui bahwa penggunaan media terbatas, siswa kurang bersemangat dan cepat merasa bosan dan tidak memperhatikan materi yang disampaikan. Adapun tujuan penilaian adalah menghasilkan sebuah produk pengembangan media pohon hitung sebagai media pembelajaran sebagai media pembelajaran matematika materi penjumlaan dan pengurangan bilangan sampai 20 menggunakan metode pembelajaran role playing untuk siswa kelas I SD. Pengembangan media ini menggunakan model prosedural dengan menggunakan delapan langka yaitu potensi dan masala , pengumpulan data, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian. Media pohon Hitung pada pembelajaran matematika yang tela dikembangkan akan divalidasi oleh ahli media, ahli materi, ahli pembelajaran, uji coba skala kecil, dan uji coba skala besar. Penilaian ini dilakukan pada kelas I di SDN Sepanjang 5 dan SDN Sidorejo 2 dengan pengumpulan data wawancara, lembar observasi,dokumentasi,serta angket. Teknik analisis data ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif (saran & kritik) dan analisis data kuantitatif (nilai yang diberikan oleh validator dan angket siswa). Hasil penelitian diperoleh dari pengumpulan data melalui hasil prosentase uji coba ahli media sebanyak 91,1 % uji coba materi memperoleh prosentase 94,5%, uji coba ahli pembelajaran mencapai presentase 94,5%, uji coba kelompok kecil dengan prosentase sebanyak 95,83%, uji coba skala besar mencapai presentase 99,4% yang dilaksanakan di SDN Sidorejo 2 Kabupaten Malang pada siswa kelas I SD. Pembuatan media Pohon Hitung ini menggunakan metode role playing atau bermain peran. Siswa memainkan karakter yang ada dalam skenario pembelajaran, siswa menjumlahkan dan mengurangkan bilangan menggunakan pohon hitung dengan benda konkrit yang berbentuk tiruan apel dari kain flannel. Materi pada media pohon Hitung menggunakan pembelajaran KTSP dengan latihan soal dengan tipe soal essay dan pilihan ganda.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 19 Oct 2016 10:26
Last Modified: 19 Oct 2016 10:26
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33855

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo