UMM Institutional Repository

Pengaruh Sikap Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa kelas V MI Darul Huda Jatirejo

Hambara, Afgan (2016) Pengaruh Sikap Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa kelas V MI Darul Huda Jatirejo. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hambaraafg-43604-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hambaraafg-43604-2-bab1.pdf

Download (210kB) | Preview

Abstract

Keyword : Sikap Siswa, Hasil Belajar, Abstrak Dalam pembelajaran di sekolah, matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang masih dianggap sulit dipahami oleh siswa, hal ini dapat dilihat banyaknya hasil-hasil penelitian yang masih menunjukkan bahwa proses pembelajaran matematika di sekolah dasar masih belum menunjukkan hasil yang memuaskan. Rendahnya prestasi belajar matematika siswa tersebut tentu dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah faktor sikap siswa terhadap pembelajaran matematika. Sikap merupakan kecendrungan seseorang untuk merespon positif atau negative suatu obyek, situasi, konsep atau orang lain. Masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana sikap belajar siswa kelas V MI Darul Huda Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto dalam pembelajaran matematika? (2) Apakah sikap belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V MI Darul Huda Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto?. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan bentuk sikap siswa terhadap pembelajaran matematika yang diterapkan di MI Darul Huda Jatirejo. (2) Menganalisis pengaruh sikap dalam mempengaruhi hasil belajar matematika di MI Drul Huda Jatirejo. Jenis dalam penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif, analisis data yang digunakan regresi linier. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V MI Darul Huda sebanyak 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan data keseluruhan, dari 34 item pertanyaan yang berasal dari tiga komponen yaitu yang terdapat pada variable sikap, siswa memiliki rata-rata 3,13 sehingga dapatdikategorikan baik karena berada pada katagori 2,5-3,40. Terdapa tpengaruh antara variable bebas (X) terhadap variable terikat (Y) yang mana ditunjukkan dengan persamaan Y = 55,444 + 7,567 X dan uji hipotesis yaitu uji t hitung > t table atau 5,700 > 1,697. Adapun besarnya pengaruh dari hasil uji koefisien determinasi dengan SPSS adalah sebesar 53,7% sedangkan sisanya 46,3% dipengaruhi olehfaktor lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 19 Oct 2016 10:22
Last Modified: 19 Oct 2016 10:22
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33854

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo