UMM Institutional Repository

Peningkatan Keterampilan Menulis dan Berfikir Kritis Melalui Media Gambar Berseri dengan Metode Pembelajaran Jigsaw Pada Siswa Kelas III SDN Sumberjaya Gondanglegi.

Mualifah, (2016) Peningkatan Keterampilan Menulis dan Berfikir Kritis Melalui Media Gambar Berseri dengan Metode Pembelajaran Jigsaw Pada Siswa Kelas III SDN Sumberjaya Gondanglegi. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mualifah-43605-1-pendahul-n.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mualifah-43605-2-15babi.pdf

Download (75kB) | Preview

Abstract

Keyword : Keterampilan menulis dan berfikir kritis melalui media gambar berseri dengan menggunakan metode pembelajaran Jigsaw dan Hasil belajar. Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) proses pelaksanaan keterampilan menulis dan berfikir kritis melalui media gambar berseri dengan metode pembelajaran Jigsaw; (2) Peningkatan keterampilan menulis dan berfikir kritis melalui media gambar berseri dengan metode pembelajaran jigsaw pada siswa kelas III SDN Sumberjaya Gondanglegi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Sumberjaya Gondanglegi berjumlah 22 siswa. Yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus melalui tahap perencanaaan tindakan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data penelitian yang diperoleh selama penelitian berlangsung yaitu hasil belajar siswa dan lembar observasi aktivitas guru, kegiatan siswa selama proses pembelajaran berlangsung mengajar dengan menggunkan keterampilan menulis dan berfikir kritis melalui media gambar berseri dengan metode pembelajaran Jigsaw. Kesimpulan hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa metode pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan keterampilan menulis dan berfikir kritis siswa kelas III SDN Sumberjaya Gondanglegi. Hal tersebut dapat dilihat bahwa motivasi belajar keterampilan menulis siswa meningkat, perhatian siswa terfokus, siswa aktif selama proses pembelajaran berlangsung, adanya peningkatan keterampilan menulis dan berfikir kritis. Hal tersebut dapat dilihat dari ketuntasan hasil belajar klasikal pada siklus I mencapai 68,18 % dengan ketuntasan klasikal yang telah ditentukan oleh sekolah yaitu 70%, dan pada siklus II Prosentase ketuntasan klasikal mencapai 77,27. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan menulis dan berfikir kritis melalui media gambar berseri dengan metode pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 19 Oct 2016 10:19
Last Modified: 19 Oct 2016 10:19
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33853

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo