UMM Institutional Repository

Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan Penerapan Metode Talking Stick Siswa Kelas V SDN Sumberingin Kulon 01 Tulungagung

Wahyudi, Dadang Tri (2016) Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan Penerapan Metode Talking Stick Siswa Kelas V SDN Sumberingin Kulon 01 Tulungagung. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wahyudidad-43607-1-pendahul-n.pdf

Download (806kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wahyudidad-43607-2-babi.pdf

Download (533kB) | Preview

Abstract

Keyword : Peningkatan, Hasil Belajar, Talking Stick Abstrak Berbagai cara dan metode dilakukan oleh guru dalam kegiatan belajar mengajar untuk menyampaikan informasi agar efektif dapat diterima oleh siswa. Namun, seefektif apapun penyampaian materi pelajaran oleh guru, tidak semuanya dapat diterima oleh siswa. Ketika pemahaman siswa dirasa masih belum maksimal, tentu seorang guru harus memikirkan cara agar siswa dapat berlatih lebih banyak tentang materi tersebut. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada kelas V SDN Sumberingin Kulon 01 Tulungagung. Subjek penelitian berjumlah 14 siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Tujuan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah sebagai berikut: (1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan pembelajaran IPS dengan metode Talking Stick pada siswa kelas V SDN Sumberingin Kulon 01 Tulungagung. (2) Untuk mengetahui dan menjelaskan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menerapkan metode Talking Stick pada siswa kelas V SDN Sumberingin Kulon 01 Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yaitu penelitian ini akan mendiskripsikan peristiwa yang terjadi dalam bentuk kalimat, untuk melengkapi data kualitatf digunakan juga data kuantitaif yaitu untuk mengukur hasil belajar siswa yang diperoleh dari hasil tes yang diberikan pada siswa. Data kuantitaif berupa angka hasil belajar siswa, sedangkan data kualitatif merupakan ungkapan yang menunjukkan tentang proses dan hasil belajar yang diperoleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran dengan penerapan metode Talking Stick karena menunjang keberlangsungan pembelajaran sehingga meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Siswa). Hasil belajar yang diperoleh siswa mengalami peningkatan, dari siklus I sebesar 14% meningkat menjadi 93 % pada siklus II. Penerapan metode Talking Stick diharapkan dapat digunakan kembali untuk semua jenjang kelas, karena dalam penelitian ini membuktikan adanya peningkatan hasil belajar IPS pada siswa kelas V.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 19 Oct 2016 10:12
Last Modified: 19 Oct 2016 10:12
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33851

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo