UMM Institutional Repository

Analisis Komunikasi Efektif Guru pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SD Negeri Tegalgondo.

Sabaria, (2016) Analisis Komunikasi Efektif Guru pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SD Negeri Tegalgondo. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sabaria-43608-1-pendahul-n.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sabaria-43608-2-11.babi.pdf

Download (54kB) | Preview

Abstract

Keyword : komunikasi, efektif, pembelajaran bahasa Indonesia Abstrak Pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah tidak terlepas dari komunikasi. Komunikasi digunakan guru untuk menyampaikan materi pembelajaran dan keberhasilan dari sebuah pembelajaran sangat dipengaruhi oleh komunikasi yang digunakan oleh guru. Tujuan pembelajaran akan tercapai dengan baik apabila penggunaan komunikasi yang digunakan guru terlaksana dengan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bentuk komunikasi yang digunakan guru pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas 3 SD Negeri Tegalgondo, dan (2) respon siswa terhadap komunikasi yang digunakan guru pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas 3 SD Negeri Tegalgondo. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Sebagai sumber data, dipilih guru bahasa Indonesia kelas III dan siswa kelas III SD Negeri Tegalgondo tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 18 siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober-November dalam tiga kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan (1) bentuk komunikasi yang digunakan guru terdiri dari dua macam yaitu (a) verbal: kalimat berita, kalimat perintah, kalimat tanya, kalimat seru, (b) nonverbal: ekspresi wajah, isyarat tangan, sentuhan. (2) Respon siswa terhadap komunikasi yang digunakan guru berupa (a) menimbulkan pengertian terhadap siswa, (b) menimbulkan kesenangan terhadap siswa, (c) mempengaruhi sikap siswa, (d) menimbulkan hubungan yang semakin baik, (e) menghasilkan tindakan nyata. Hasil penelitian ini, komunikasi yang digunakan guru pada pembelajaran berjalan dengan efektif. Hal ini karena respon yang ditimbulkan siswa terhadap komunikasi guru tersebut berupa perubahan ke arah yang lebih baik. Namun ada hal yang harus diperbaiki oleh guru ketika menggunakan komunikasi terutama komunikasi nonverbal, yaitu komunikasi kontak fisik guru dan siswa secara langsung. Guru harus tetap menegur siswa dengan cara yang halus, tidak dengan menggunakan sentuhan berupa mencubit siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 19 Oct 2016 10:09
Last Modified: 19 Oct 2016 10:09
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33850

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo