UMM Institutional Repository

Analisis Problematika Pembelajaran Tematik Terkait Penerapan Kurikulum 2013 Di SDN Cemengkalang I Kabupaten.

Rafika Machnindra, Putri (2016) Analisis Problematika Pembelajaran Tematik Terkait Penerapan Kurikulum 2013 Di SDN Cemengkalang I Kabupaten. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-putrirafik-43609-1-pendahul-n.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-putrirafik-43609-2-babi.pdf

Download (274kB) | Preview

Abstract

Keyword : Problematika, Pembelajaran Tematik, Kurikulum 2013 Abstrak Implementasi kurikulum 2013 dilaksanakan pada tahun ajaran 2014/2015. Sekolah Dasar di Kabupaten Sidoarjo yang saat ini ditunjuk oleh pemerintah pusat sebagai pilot project untuk menerapkan Kurikulum 2013 adalah salah satunya yaitu SDN Cemengkalang I. Berdasarkan studi pendahuluan, guru belum mengetahui pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu kurikulum 2013 secara mendalam. Kondisi inilah yang menyebabkan munculnya problematika guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran tematik terpadu di SDN Cemengkalang Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika apa saja yang ada dalam perencanaan, pelaksanaan penilaian pada pembelajaran tematik serta upaya dalam mengatasi problematika pembelajaran tematik di SDN Cemengkalang Kabupaten Sidoarjo. Dalam melakukan penelitian, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Pendekatan ini menggunakan tehnik penelitian berupa pengamatan, wawancara, dan dokumentasi dalam mendeskripsikan problematika pembelajaran tematik terpadu di SDN Cemengkalang Kabupaten Sidoarjo. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa guru SDN Cemengkalang Kabupaten Sidoarjo mengalami problematika terkait perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Problem yang dihadapi guru pada saat perencanaan pembelajaran yaitu masalah kekurangan waktu. Problem yang dihadapi guru pada saat pelaksanaan pembelajaran adalah menyesuaikan dengan apa yang telah direncanakan pada RPP. Guru mengalami kesulitan untuk mengatur ruangan,karena harus sesuai dengan tema, metode yang digunakan harus bervariasi serta media pembelajaran juga harus bervariasi. Kesulitan ttersebut dikarenakan membutukan waktu dan kurangnya pemahaman tentang pembelajaran tematik. Problem yang dihadapi guru pada saat penilaian pembelajaran adalah keterbatasan waktu. Kesulitan untuk melakukan penilaian proses dan produk. Berdasarkan kesimpulan penelitian, maka disarankan agar sekolah mengadakan pelatihan tentang pembelajaran tematik terpadu. Selain itu, guru sebaiknya berpedoman pada ketentuan-ketentuan pembelajaran tematik terpadu dan panduan teknik implementasi kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 19 Oct 2016 10:05
Last Modified: 19 Oct 2016 10:05
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33849

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo